Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Tips  

Tips Bagi Kamu Yang Ingin Menurunkan Berat Badan Berlebih Tanpa Harus Olahraga

Doc.Pict_Pixabay

Mewarta.Com, Makassar–Pola hidup sehat memang sangat penting dalam kehidupan seseorang, cara hidup sehat ini tidak lepas dari berat badan yang berlebih atau di sebut juga dengan obesitas. Banyak orang yang menginginkan berat badan yang ideal akan tetapi sangat berat untuk berolahraga. Sebab pada umumnya kita semua mengetahui bahwa menurunkan berat badan tidak terlepas dari cara mengatur pola makan yang sehat dan rajin berolahraga. Untuk memperbanyak olahraga banyak orang merasa berat melakukannya akan tetapi cara menurunkan berat badan bisa dilakukan tanpa harus olahraga. Ini tips bagi kamu cara menurunkan berat badan tanpa harus olahraga:

1.Aktifitas di pagi hari. Kebiasaan bangun di pagi hari ternyata mampu menurunkan berat badan. Bangun di pagi hari dan memulai beraktifitas dapat menggerakkan semua anggota tubuh, dan tubuh yang bergerak di pagi hari tidak akan membuatmu merasa lemas seharian, akan tetapi lakukanlah minimal satu jam tanpa istirahat untuk beres-beres rumah, mencuci ataupun masak di pagi hari.

2.Perbanyak minum air putih. Minum air putih pun sangat penting untuk memaksimalkan program diet atau untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Setalah bangun tidur dipagi hari usahakan untuk minum air putih satu gelas. Misalnya sebelum melaksanakan sholat subuh ada baiknya jika kamu minum segelas air putih. Kemudian selanjutnya bisa minum air putih sebelum mandi di pagi hari, dan seterusnya sampai pada malam hari sudah masuk di tubuh kamu minimal 2 liter perhari, karena minum air putih dapat membantu membuang limbah yang ada dalam tubuhmu saat buag air kecil, buang air besar serta keringat yang ada di tubuhmu, karena dalam tubuh manusia terdapat 50 sampai 75% di dalam badan kamu terdiri dari air, maka dari itu tubuh harus terhidrasi dengan rajin minum air.

3.Ganti peralatan makan Secara Berkala. Peralatan makan juga berpengaruh bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan, dan tidak ada salahnya bagi kamu untuk makan makanan kesukaan kamu, misalnya nasi goring atau ayam goreng, akan tetapi yang perlu kamu ingat, kamu harus membatasi makanan tidak sehat tersebut dangan cara mengganti piring kamu manjadi piring yang lebih kecil. Kenapa harus menggunakan piring yang kecil karena menggunakan piring yang besar adalah membuat makanan yang terlihat sedikit sehingga bisa saja menambah porsi makan kamu sedangkan dengan makan menggunakan piring kecil makanan akan terlihat menjadi banyak.

4.Makan tepat waktu. Hal ini juga penting bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan, kunci keberhasilan menurunkan berat badan adalah salah satunya dengan mengatur pola makan dengan menerapkan jam makan yang baik. Setiap orang yang menurunkan berat badannya tetap di anjurkan untuk makan tiga kali sehari, pagi, siang dan malam. Makan berat ini juga dapat di selingi dengan makan makanan yang ringan yang sehat bagi tubuh kamu. Makan pagi merupakan energi bagi kamu sebelum memulai aktifitas, adapun waktu yang di anjurkan bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan adalah sekitar pukul 07:00-08:00 pagi. Hal penting lainnya adalah selingi makan pagi dan siang dengan makan makanan ringan sekitar pukul 10:00-11:00 pagi. Makan siang dilakukan sekitar pukul 12:00-13:00. Nah ini juga dapat di selingi dengan makan makanan ringan yang sehat antara pukul 15:00-16:00. Terakhir yaitu makan malam, makan malam ini tidak dianjurkan untuk makan terlalu larut karena kamu bisa memberi jeda makan malam dengan tidur, waktu yang baik untuk makan malam ialah sekitar pukul 18:00-19:00.

5.Konsumsi makanan yang berprotein. Dalam menurunkan berat badan banyak sekali cara yang dilakukan untuk menurunkannya, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Diet dengan makanan yang berprotein tinggi dapat pula mengurangi asupan karbohidrat dan lemak. Makanan protein selain untuk menurunkan berat badan dapat pula meningkatkan energi bagi tubuh. Makanan protein juga bisa di dapatkan dari makanan, contohnya telur, susu rendah lemak, ayam, daging sapi tanpa lemak, dan salmon, kacang-kacangan dan makanan laut, adapun yang lainnya yaitu sayuran yang berdaun hijau.

6.Jangan makan sambil nonton. Hal ini mungkin terlihat aneh bagi kamu, akan tetapi penting kamu tau bahwa makan sambil nanton bisa membuat kita lupa diri kalau harus mengunyah terys makanan yang ada di depan kita, kenapa? Fokus kita bukan ke makanan yang akan masuk ke mulut melainkan fokus kita akan ke depan tv ataupun depan layar handphone ataupun ke depan layar laptop. Sehingga makanan yang banyak akan terus masuk ke mulut dan akan membuat kamu kenyang berlebihan. Hal ini tentu tidak baik bagi kamu yang berjuang menurunkan berat badan.

7.Mengunyah makanan secara perlahan. Banyak diantara kita semua yang terbiasa dengan mengunyah makanan secara cepat atau bahkan mengunyah makanan dengan ala kadarnya saja. Padahal ini bisa saja dengan mengunyah makanan secara cepat bisa meningkatkan berat badan yang berlebih. Dengan mengunyah makanan secara perlahan otak akan memiliki waktu yang banyak untuk memproses kapan kamu bisa berhenti makan. Ini dapat menyebabkan makanan yang masuk ke tubuh menjadi semakin menurun, porsi makan kamu menjadi semakin kecil dan memiliki rasa kenyang yang meningkat. Cobalah dari sekarang untuk memperlambat menguyah makanan dan kamu juga bisa menghitung berapa kali kamu mengunyah makanan tidak lain hanya untuk membantu kabiasaan kamu makan dengan perlahan.

8.Istrahat yang cukup. Dikutip dari channel Youtube  Ivan Gunawan (Jadi Orang gemuk serba salah) bahwa tidur yang cukup juga merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan berat badan kamu dengan cepat selain dari berolahraga dan mengubah pola makan kamu. Kenapa tidur yang cukup sangat mempengaruhi berat badan kamu, karena kekurangan tidur dapat mengakibatkan rasa lapar yang meningkat dan dapat menambah berat badan. Dan cara terbaik untuk menghindari rasa lapar tersebut dengan cara tidur yang cukup.

9.Hindari stres. Bagi sebagian orang, stres juga dapat meningkatkan berat badan, karena stres bisa meningkatkan nafsu makan. Dan menghindari stres juga salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Jika stres semakin meningkat maka nafsu makan pula semakin meningkat sehingga berat badan juga tentunya akan semakin naik.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan yang mudah dan cepat dan kamu wajib tau. Kamu bisa mencobanya dan tidak perlu olahraga akan tetapi tetap aman untuk kesehatan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *