Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Tips  

Cara Mengasah Otak Agar Tidak Mudah Lupa

Ilustrasi, (Gbr:pixabay.com)

Makassar, Mewarta.com– Sifat lupa adalah sifat alamiah manusia, dan hal itu memiliki banyak penyebab, salah satunya ketika memiliki banyak pikiran sehingga sangat sulit sekali fokus dan hal itulah yang membuat kita jadi pelupa. Namun, banyak orang menganggap hal tersebut terlihat sepele, tapi kebiasaan-kebiasaan yang seperti itu menyebabkan fungsi otak seseorang menjadi menurun.Tidak perlu merasa kahwatir karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatih kembali fungsi otak agar daya ingat bisa kembali baik lagi. Berikut adalah cara-caranya;

  1. Melakukan senam otak

Otak juga memerlukan latihan agar fungsinya bisa terjaga dengan baik setiap harinya. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah senam otak, senam otak ini dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya membaca buku, bermain catur bersama dan bisa juga dilakukan dengan mengisi teka-teki silang. Olehnya itu, rutinlah melakukan senam otak dengan kegiatan-kegiatan yang sederhana tersebut.

  1. Membiasakan diri melakukan hal-hal kecil

Hal kedua yang bisa dilakukan adalah membiasakan diri untuk melakukan hal-hal kecil karena seringkali seseorang mudah lupa menaruh barang-barangnya sendiri. olehnya itu, mulailah dari sekarang untuk melatih diri merapikan barang-barang pribadimu. Misalnya, menulis agenda-agenda harian, membuang semua barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi dan mulailah menyimpan barang-barang pribadi kembali pada tempatnya.

  1. Bersosialisasi

Hal ini juga penting untuk meningkatkan fungsi otak agar tidak mudah lupa, yaitu bersosialisasi dengan teman, sahabatmu dan rekan kerja. Seseorang yang sering diskusi dapat meningkatkan daya ingat yang sangat efektif sehingga penyakit lupa akan menjauh darimu.

Demikian tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengasah otak agar berfungsi dengan baik. Lakukan cara-cara diatas dengan rutin dan perlahan, dan lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang baik lalu daya ingatmu akan kembali tajam lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *