Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Jarang Orang Ketahui

Ilustrasi

Mewarta.Com– Gigi merupakan alat penghancur makanan bagi manusia sebelum masuk ke dalam pencernaan. Gigi putih dan bersih sangat ingin dimiliki banyak orang, tetapi bagaimana jadinya jika gigi Anda mengalami sakit yang berlebihan, sungguh tidak enak rasanya. Banyak hal yang menjadi penyebab sakit gigi, mulai dari gigi berlubang, penyakit gusi maupun infeksi. Sakit gigi tidak hanya membuat Anda susah dalam hal makan dan minum saja, tetapi biasa sampai merambat ke kepala yang rasanya tidak karuan.

Berikut ini cara mengobati sakit gigi dengan pengobatan atau bahan-bahan yang jarang orang ketahui.
1. Berkumur dengan air garam
Hal ini merupakan pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan sebelum konsultasi ke dokter. Cara menggunakan air garam sebagai obat sakit gigi alami sangat mudah. Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam sampai sakit gigi mereda.Dengan berkumur Anda dapat menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sel gigi. Sementara itu larutan garam dapat menaikkan keseimbangan PH mulut.

2. Daun jambu merah
Daun jambu merah memiliki sifat anti radang dan pereda nyeri, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi. Cara menggunakannya dengan mengunyah 1-3 lembar daun jambu sampai airnya keluar. Kemudian oleskan sari-sari daun dengan jari-jari tangan atau lidah Anda langsung pada gigi yang sakit. Dari berbagai penelitian menyimpulkan bahwa daun ini membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis. Dua penelitian berbeda dari Filipina dan Kamerun juga membuktikan daun jambu merah ampuh untuk mengobati sariawan.

3. Mengompres dengan es batu
Dinginnya es batu mampu meredakan nyeri pada gigi untuk sementara dan mampu merangsang penyempitan pembuluh darah pada wajah. Caranya masukkan beberapa bongkah es batu ke dalam wadah berisikan air, kalau dinginnya sudah merata maka basahi kain, kemudian tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit.

4. Bawang putih
Bawang putih telah dipercaya sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bawang putih ini dapat meredakan nyeri pada gigi sekaligus membunuh bakteri yang menempel. Caranya dengan memotong tipis bawang putih lalu letakkan pada gigi yang terasa sakit, Anda juga bisa menghaluskannya kemudian oleskan pada bagian yang terasa nyeri.

Itulah beberapa mengobati sakit gigi yang jarang orang ketahui, semoga bermanfaat.

Penulis: LafranEditor: Lafran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *