Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Anda Seorang Mahasiswa? Masih Takut Untuk Merantau? Simak Penjelasan Berikut!

Gbr_Ilustrasi Merantau

Mewarta.Com, Makassar–Menjadi mahasiswa yang kuliah di luar daerah pastinya banyak sekali cobaan yang mungkin dialami, apalagi bagi mahasiswa baru. Hidup yang sendiri dan harus jauh dari orang tua, pasti terasa berat dan membosankan. Awalnya mungkin memang berat, tetapi lambat laun pasti akan terbiasa dan merasa biasa saja. Tetapi, menjadi anak rantau juga memberikan manfaat bagi Anda, Anda akan menjadi lebih mandiri, kuat, dan tangguh.

Menjadi anak rantau pastinya memerlukan persiapan yang matang. Berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk menjadi anak rantau.

1. Memiliki alasan yang kuat
Dalam hal ini, Anda harus memiliki alasan yang kuat mengapa Anda pergi merantau. Misal Anda sebagai mahasiswa yang datang kuliah di tanah rantau, Anda datang untuk kuliah dengan baik dan benar guna menaikkan drajat keluarga. Tetapi, Anda harus fokus dan konsisten dalam menjalaninya, jangan hanya sekadar ucapan belaka.

2. Harus pintar-pintar beradaptasi
Beradaptasi dengan cepat pada lingkungan baru merupakan kunci awal sebuah kesuksesan dalam bertahan hidup di daerah perantauan. Jangan pernah menyamakan kehidupanmu di kampung halaman dengan di tanah rantau, karena setiap daerah memiliki peraturan yang berbeda-beda. Lihat dan cermati seperti apa kebiasaan yang dilakukan orang-orang di tempat Anda merantau, ikuti kegiatan positifnya dan buang kegiatan yang kiranya dapat merugikan. Tunjukan pula sikap baik Anda kepada orang-orang di sekitar tempat tinggal barumu, agar mereka mengenalmu dengan baik.

3. Belajar untuk hemat
Ini merupakan salah satu keharusan yang perlu Anda lakukan saat berada di tanah rantau. Sisihkan uang bulanan Anda untuk ditabung, sehingga dapat Anda gunakan di saat Anda benar-benar butuh. Belilah sesuatu yang memang Anda butuh dan perlu, bukan yang Anda inginkan.

Hemat merupakan hal penting bagi Anda sebagai anak rantau!

4. Persiapan yang pasti dan matang
Merantau tidak seperti halnya liburan, yang hanya sehari, seminggu, atau sebulan, karena bisa jadi Anda harus hidup beberapa tahun di tanah rantau. Memerlukan perkiraan serta pemikiran yang benar-benar matang. Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu tentang kota atau daerah mana yang akan Anda tempati sebagai tempat merantau. Serta pastikan lokasi tempat tinggal Anda di tanah rantau mudah terjangkau dari berbagai hal, misal transportasi guna mempermudah hidup Anda saat berada di tanah rantau.

Itulah beberapa hal yang kiranya perlu Anda siapkan sebelum pergi merantau.

Penulis: LafranEditor: Lafran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *