Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Jarang Diketahui Manusia, Inilah Manfaat Daun Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Docpict_pixabay

Mewarta.Com, Gowa–Siapa yang tidak mengenal tanaman lidah buaya atau disebut juga aloe vera. Lidah buaya atau aloe vera ini adalah sejenis tumbuhan yang banyak di temukan di Indonesia itu sendiri dan paling sering di temui di halaman rumah sebagai tanaman hias yang tumbuhnya bukan hanya di dalam pot saja melainkan juga bisa tumbuh secara langsung di dalam tanah. Tanaman lidah buaya ini adalah tanaman yang dapat bertahan hidup yang hampir mirip dengan tumbuhan kaktus yang bisa bertahan sampai musim kemarau karena memiliki kandungan air yang cukup banyak dalam tubuhnya, akan tetapi tanaman lidah buaya ini beda spesies dengan tumbuhan kaktus. Lidah buaya atau aloe vera ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena lidah buaya memiliki banyak vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin BI, Kalsium, Magnesium yang terdapat pada bagian kulit dan paling utama terdapat pada bagian dalamnya atau disebut juga dengan gel. Gel lidah buaya ini memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan kulit ataupun untuk kesehatan lainnya. Contohnya sakit batuk, sariawan, tekanan darah tinggi dan penyakit-penyakit lainnya. Tapi dalam pembahasan ini, kita akan membahas tentang manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit.

1.Melembabkan kulit wajah

Kulit wajah adalah hal yang paling sensitif terhadap debu dan kotoran. Saat sedang keluar rumah, hal pertama yang terkena debu dan kotoran adalah kulit wajah dimana jika kalian sedang di perjalanan debu-debu akan menempel dan pastinya kulit wajah menjadi cepat rusak ditambah lagi dengan paparan sinar matahari disiang hari yang sangat menyengat. Nah salah satu cara kalian untuk menghindari akan hal itu ialah menutupi kulit wajah dengan berbagai macam make up, akan tetapi make up juga yang terlalu berlebihan akan membuat kulit wajah menjadi semakin tipis dan akan cepat terjadinya penuaan pada wajah. Akan tetapi hal tersebut bisa kalian cegah dangan menggunakan bahan tumbuhan alami yang terdapat di sekitar kalian, yaitu daun lidah buaya atau aloe vera. Lidah buaya ini dapat membantu melembabkan kulit wajah sehingga membuat wajah terasa lebih kencan lagi, karena gel dalam lidah buaya ini terdapat beberapa vitamin didalamnya. Dan cara penggunaan lidah buaya ini cukup dengan membersihkan sisa make up yang kalian pakai kemudian oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah kalian dan biarkan gel lidah buaya meresap kedalam kulit wajah kalian. Dan selain pada wajah kalian, bisa juga digunakan dibagian tubuh lainnya agar kulit tetap terhidrasi dengan bantuan lidah buaya tersebut.

2.Mengurangi stretch mark pada ibu hamil

Ibu hamil sudah tidak asing lagi dengan istilah stretch mark. Bahkan ada beberapa wanita yang belum menikah sudah memiliki stretch mark di bagian paha ataupun bahkan dibagian perut mereka. Akan tetapi hal tersebut tidak terlalu parah dibandingkan dengan ibu hamil. Stretch mark itu sendiri pada umumnya akan membuat seseoarang menjadi tidak percaya diri karena stretch mark sangat mengganggu penampilan seseorang. Akan tetapi, jika kalian adalah salah satu yang mempunyai stretch mark diperut atau bahkan di paha, kalian bisa mencoba bahan alami yang bisa kalian temukan di sekitar kalian. Yaitu lidah buaya atau aloe vera, lidah buaya selain melembabkan wajah, terdapat juga manfaat lainnya yang salah satunya bisa mengurangi stretch mark tersebut. Penggunaan lidah buaya secara rutin akan cepat membantu mengurangi stretch mark pada bagian perut dan paha kalian.

3.Pemeliharaan kulit kepala dan rambut

Kulit kepala dan rambut adalah hal yang harus tetap dijaga kesehatannya terutama bagi seorang wanita. Karena, kebanyakan wanita jika sedang keluar rumah pastinya menggunakan hijab, oleh karena itu jika menggunakan hijab tersebut maka wanita tetap menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut mereka. Ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk merawat kulit kepala dan rambut tersebut, akan tetapi dengan menggunakan tumbuhan yang alami lebih mudah didapatkan dibandingkan dangan perawatan yang mahal-mahal. Daun lidah buaya atau aloe vera, adalah salah satu jenis tumbuhan yang sangat cocok untuk merawat kesehatan kulit kepala dan perawatan rambut. Vitamin yang terdapat di dalam gel lidah buaya adalah dapat menutrisi rambut dan dapat menghilangkan kotembe di kepala, cara menggunakannya juga sangat mudah yaitu dengan mengambil gel-gel daun lidah buaya kemudian oleskan pada kulit kepala dan oleskan juga pada rambut kemudian pijat-pijat lalu diamkan selama 30 menit dan setelah itu kalian bisa membilasnya dangan air bersih. Lakukan terus menerus secara rutin maka kalian bisa melihat hasilnya, rambut menjadi lebih lebat, ternutrisi dan kulit kepala kalian juga menjadi lebih sehat lagi.

4.Dapat menyembuhkan luka pada kulit

Kulit pada umumnya memang memiliki banyak permasalahan, baik itu kulit kepala, wajah, perut, paha, lengan, kaki dan kulit yang lainnya. Pada point sebelumnya sudah dipaparkan mengenai kulit dibagian kepala, perut dan paha. Selanjutnya kulit yang secara keseluruhan. Pada umumnya seseorang pasti pernah mengalami yang namanya luka, baik itu luka yang ringan atau bahkan luka yang berat, contohnya saja luka bakar. Luka bakar akan sangat perih jika penanganannya juga salah akan tetapi jika penanganannya benar maka luka bakar akan segara membaik dan akan lekas sembuh. Salah satu tanaman yang dapat meredakan luka bakar adalah tanaman lidah buaya atau aloe vera itu sendiri. Didalam daun lidah buaya yang terdapat banyak vitamin, dan gelnya yang tersasa dingin akan sangat membantu mengurangi rasa nyeri pada penderita luka bakar tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari daun lidah buaya atau aloe vera dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya. Kesehatan kulit sangat penting, maka dari itu kalian harus selalu menjaga kesehatan kulit kalian tanpa harus menggunakan bahan-bahan yang mahal dan cukup menggunakan daun lidah buaya atau aloe vera  yang mudah ditemukan yang memiliki banyak manfaat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *