Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
News  

Musrenbang Ujung Loe: Andi Utta Kembali Bagikan 400 Bibit Unggul

Bulukumba,Mewarta.com– Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2024 tingkat Kecamatan Ujung Loe di halaman Kantor Camat Ujung Loe, Selasa, 21 Februari 2023. Pada Musrenbang ini, Bupati membagikan 400 pohon bibit unggul.

“Alhamdulillah, kami kembali membagikan 200 pohon bibit mangga dan 200 pohon bibit sukun. Anggarannya dari CSR (Corporate Social Responsibilty) perusahaan saya,” kata Andi Utta sapaan akrabnya.

Andi Utta meminta agar semua program yang ada di Kabupaten Bulukumba harus memenuhi 3 prinsip yaitu prioritas, tuntas dan berkualitas. Sebab jika tidak, ia tak mikir-mikir untuk menghentikannya.

“Ujung Loe harus kita jaga bersama. Lahan pertaniannya yang luas, tentu tidak mudah dengan kondisi keuangan negara saat ini. Olehnya, program harus betul-betul punya asas manfaat,” ujarnya.

Menurut Andi Utta, Musrenbang ini merupakan wadah untuk saling terbuka dan berdialog, sekaligus memetakan potensi prioritas yang ada di daerah masing-masing.

“Selama ini sering mengeluhkan infrastruktur, tapi tanaman kita tak punya nilai ekonomi yang baik. Jadi tolong, maksimalkan untuk program ketahanan pangan. Dengan buah yang punya nilai jual ekspor, ekonomi ke depan akan lebih baik,” jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, H Patudangi Azis mengaku akan terus mendukung program Bupati. Sebab, komitmen itu sudah jelas saat persetujuan bersama RPJMD Bupati 2021-2026.

“Kami di DPRD Bulukumba sangat mendukung visi misi Bupati. Sehingga hampir seluruh desa, anggota DPRD mengikuti pelaksanaan Musrenbang. Tentu skala prioritas yang diinginkan masyarakat telah kami dengar,” ujar legislator partai Gerindra tersebut.

“Hari ini kesempatan terakhir bagi seluruh delegasi untuk menyampaikan usulannya, jika memang belum ada yang dimasukkan di tingkat desa/kelurahan saat pra-Musrenbang pekan lalu,” sambung Patudangi.

Sementara, Kepala Bappelitbangda Bulukumba Dr.H.Andi Syamsul Mulhayat menyampaikan bahwa tahun 2024 merupakan tahun ketiga RPJMD, di mana pembangunan daerah difokuskan untuk melanjutkan kebijakan-kebijakan yang mendukung pengembangan daya tahan perekonomian masyarakat dengan fokus pada upaya untuk memajukan sektor pertanian, perkebunan, perikanan, industri, perdangangan dan pariwisata sebagai sektor unggulan daerah.

“Selain itu, RKPD tahun 2024 akan mengusung 10 program prioritas pembangunan daerah dan 18 arah kebijakan pembangunan daerah,” imbuhnya.

Ia menyebut output dari Musrenbang Kecamatan sebagai salah satu bahan dalam Forum OPD dan penyusunan rancangan awal RKPD 2024 yang memuat kerangka perencanaan dan penganggaran pembangunan sesuai RPJMD dan renstra SKPD tahun 2021-2026.

“Pelibatan anak dalam pembangunan juga perlu kita perhatikan dengan mengintegrasikan usulan-usulan hasil Musrenbang Anak ke dalam Musrenbang Reguler,” kata Syamsul Mulhayat.

Sekadar diketahui, Musrenbang tingkat Kecamatan Ujung Loe juga dihadiri sejumlah Anggota DPRD Bulukumba, Kepala OPD, Camat bersama Forkopimca, Kepala Desa dan Lurah, serta Tim Delegasi.

Usai Bupati Andi Utta menyampaikan pokok-pokok penting yang harus diperhatikan pada pelaksanaan Musrenbang itu, dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab yang dipandu oleh Camat Ujung Loe Muhammad Amin Sulaiman. Beberapa warga yang menjadi Tim Delegasi pun menyuarakan usulan prioritas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *