Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Mahasiswa PLP Prodi MPI FTK Sukses Gelar Seminar Pendidikan Bertajuk Hypnomotivation di Ponpes Ash-Shalihin Kab Gowa

Gowa, mewarta.com. Yayasan Pondok Pesantren Ash-Shalihin Kabupaten Gowa menggelar Seminar Pendidikan dengan Tema Hypnomotivation (3/9/2022) dengan menghadirkan Coach Anwar, beliau adalah salah satu motivator yang juga CEO ITMT Indonesia, sebuah lembaga pengembangan diri yang bergerak dibidang pelatihan, hypnosis, hypnoparenting dan hypnoteaching. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru Ponpes Ash-Shalihin di Masjid Mujahidin Romang Polong Kab. Gowa dengan prokes yang ketat. Kegiatan Hypno Motivation ini bertujuan untuk meningkatkan Mental Spritual khususnya peserta Didik, dibuka oleh MC oleh Fitrah Quraini mahasiswi Prodi Manajemen Pendidikan Islam FTK UINAM, dilanjutkan dengan qalam Illahi menambah khidmadnya kegiatan tersebut.

Sambutan dari Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Ash-Shalihin, Bapak M. Kafrawi, S.Sos., M.Si. Beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah untuk mempersiapkan mental para siswa untuk lebih giat belajar walaupun masih adanya pandemi yang belum kunjung usai. Sekolah akan terus berusaha membantu siswa untuk mempersiapkan berbagai pertanyaan. Tidak hanya itu, sekolah akan menyatukan dan mendampingi siswa masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan dari memilih program studi seperti program yang memenuhi syarat sebelumnya.

“Melalui kegiatan seminar pendidikan yang bertema hypno motivation ini juga sebagai imun untuk meningkatkan spritual mental secara tidak langsung sebagai pemberian vaksin motivasi. Selain itu, untuk mengembangkan kepribadian dengan tujuan membentuk karakter tangguh yang memadukan konsep kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) secara terintegrasi dan transendental”, katanya lebih lanjut.

Dalam kesempatan ini pula, ketua panitia pelaksana Zulfikar Hamid (mahasiswa Prodi MPI FTK UINAM) memberikan cenderamata sebagai ucapan terima kasih dari Prrodi MPI kepada Bapak M. Kafrawi, S.Sos., M.Si sebagai Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Ash-Shalihin, Kabupaten Gowa.

Kemudian acara inti seminar pendidikan yang bertema hypno motivation, yang dipandu oleh Coach Anwar yang saat ini aktif sebagai Kepala Perpustakaan FTK Universitas Islam Negeri (UIN) alauddin Makassar sekaligus sebagai Dosen Tetap.  Beliau menjelaskan bahwa Ada berbagai metode yang digunakan saat menyampaikan materi tentang hypno motivation seperti materi ESQ, Adversety Quastion , trik menghadapi kesulitan hidup dan mencapai kesuksesan, mempersembahkan motivasi.

Beliau juga menjelaskan bahwa para pelajar Islam harus memiliki semangat untuk mencapai kesuksesan, karena barang siapa yang sungguh-sungguh maka dia akan mencapai kesuksesan. Takdir ada yang tidak bisa berubah seperti jenis kelamin, namun ada juga takdir yang bisa diubah seperti kebodohon yang bisa diubah dengan semangat belajar atau yang bisa diubah dengan etos kerja yang tinggi. “Jika masih menemui kegagalan maka intropeksi diri lebih baik. Bekerja keraslah, cerdas, dan ikhlas. Bertawakallah sebelum berusaha. Sesudahnya pandai-pandailah bersyukur. Jadilah diri sendiri dengan melakukan berbagai aktivitas yang positif. Pandai-pandailah bergaul dengan berbagai lingkungan. Baik di lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan, lingkungan bacaan, dan lingkungan sekolah. Cari lingkungan Islami jauhi lingkungan yang maksiat. Jangan dan jauhi perbuatan zina”, tegasnya.

Selanjutnya dengan membagi penanya kepada siswa untuk menjawab berbagai pertanyaan secara jujur. Seperti Apakah Anda sudah menjalankan perintah Allah dengan baik seperti sholat? Ketika di tempat yang sepi dan tidak terjangkau dari pandangan publik, beranikah Anda melakukan maksiat? Kebiasaan buruk apa yang ingin Anda hilangkan dalam diri Anda? Apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki diri? Untuk siapa kesuksesan yang ingin Anda persembahkan?

Jawaban langsung dibacakan untuk mengetahui jawaban siswa yang kurang tepat dan kebenarannya. Kegiatan diakhiri dengan memberikan motivasi melalui simulasi hypnosis atau hipnotis yakni sistem tidurnya syaraf sehingga lebih mudah disugesti dan kata-kata motivasi. Melalui relaksasi dengan tarikan nafas panjang menuju alam bawah sadar yang lebih damai dan tenang. Kemudian pikiran negatif, kebiasaan buruk, stres, dan kecemasan diri setelah terbangun diharapkan para siswa lebih tertarik untuk lebih giat belajar, bekerja, berkarya, dan berproduktif untuk membangun masa depan yang lebih gemilang. Kegiatan  diakhiri dengan doa bersama dan solat Zuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *