Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Tips  

Tips Untuk Mengatasi Bagian Tubuh Yang Terkena Pedas Cabai

Doctpict:Pixabay

Mewarta.Com, Gowa–Seseorang pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu bahan dapur yang bernama cabai. Dimana cabai banyak digunakan untuk menambah cita rasa masakan seseorang menjadi lebih nikmat lagi. Sebagian orang juga jika sedang makan tanpa cabai tersebut maka makanannya terasa hambar karena bagi seseorang yang pecinta cabai adalah menurutnya dapat menambah nafsu makan seseorang menjadi lebih meningkat. Akan tetapi cabai selain membantu seseorang menambah nafsu makannya tidak menutup kemungkinan jika sedang mengolahnya maka akan terkena tangan atau bahkan yang lainnya dengan rasa pedasnya cabai. Namun kalian tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena berikut ini cara-cara untuk meredakan rasa pedas di permukaan kulit kalian yang terkena. Nah ini dia beberapa caranya;

1.Segera cuci tangan dengan air mengalir, jika seseorang terkena pedasnya cabai maka hal pertama yang kalian perlu lakukan ialah dengan tidak menyentuh anggota tubuh yang lainnya karena bisa saja pedasnya cabai akan bertambah dari yang sebelumnya. Dan hal yang mesti kalian lakukan ialah dengan membilasnya dengan menggunakan air mengalir dan kalian juga bisa menggunakan sabun pencuci piring. Kenapa demikian, karena sabun pencuci piring dipercaya mampu meredakan rasa pedas ditangan yang terkena cabai. Setelah menggunakan sabun tersebut segeralah untuk membilasnya sebersih mungkin dan kalian bisa melakukan secara berulang agar rasa pedas tersebut benar-benar sudah tidak terasa di kulit kalian.

2.Oleskan minyak, permukaan kulit yang terkena pedasnya cabai sangat terasa karena kulit tersebut terasa panas dan rasanya seperti terbakar, dan bisa jadi juga permukaan kulit yang terkena akan melebar jika tidak segera menyembuhkannya. Nah cara yang kedua yang bisa kalian lakukan ialah dengan mengoleskan minyak ke permukaan kulit yang terkena pedas cabai tersebut. Minyak juga selain digunakan untuk menggoreng atau hal lainnya, fungsinya juga meredakan rasa panas seperti terbakar di area permukaan kulit yang terkena dan tentunya kulit yang panas tersebut menjadi kemerahan. Penggunaanya juga sangat sederhana dengan cara mengoleskan secara merata ke permukaan kulit yang terkena maka rasa pedas tersebut segera mereda dan lama kelamaan akan sembuh dengan sendirinya.

3.Oleskan madu, madu pada umumnya memiliki sejuta manfaat baik itu untuk kesehatan ataupun untuk kecantikan itu sendiri. Akan tetapi selain dari hal itu maka madu juga dapat meredakan rasa panas ditangan akibat terkena pedasnya cabai. Hampir sama dengan minyak yang cara penggunaannya juga dengan di oleskan dibagian yang terkena pedas tersebut. Panas akibat cabai tersebut benar-benar terasa perih dan panas di tangan ataupun lainnya, oleh karena itu banyak orang yang kadang mengeluh kesakitan akibat pedasnya cabai tersebut, tapi itu semua sudah tidak perlu kalian khawatirkan lagi karena madu adalah salah satu cara untuk meredakan rasa panas di tangan tersebut.

4.Kompres dengan air dingin, tangan yang panas akibat cabai tersebut juga dapat di redakan dengan menggunakan kompres air dingin. Jika kalian tidak sengaja terkena pedasnya cabai tersebut dan sudah merasakan panas yang berlebih, maka segeralah kompres dengan air dingin. Air dingin ini juga mampu meredakan rasa pedas ditangan dan lakukan secara berulang-ulang sehingga rasa panas benar-benar sudah tidak terasa lagi di tangan kalian.

Nah itu dia beberapa cara yang bisa kalian lakukan dirumah jika suatu saat nanti terkena pedasnya cabai. Lebih baik segera melakukan hal-hal diatas agar kulit yang terkena segara sembuh dan tentunya tidak merasakan lagi rasa panas, perih serta kulit yang memerah akibat pedasnya cabai tersebut. Selamat mencoba.!

Penulis: Ika RDEditor: Ika RD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *