Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Tips  

Tips Meningkatkan Ingatan Ketika Membaca Buku

Docpict_pixabay

Mewarta.com, Makassar- Membaca adalah kegiatan yang sangat baik dilakukan bagi semua orang baik itu anak-anak maupun orang tua karena dengan membaca seseorang akan mendapatkan pelajaran dalam kehidupannya. Pasti kita semua pernah membaca sesuatu, baik itu novel, buku pelajaran, komik, surat kabar atau apapun itu namun setelah membaca semua itu maka sesaat kemudian kita sudah lupa apa yang telah kita baca. Membaca itu bukan asal membaca saja, melainkan ada tips yang dilakukan agar apa yang kita baca bisa kita ingat dan tidak mudah terlupakan begitu saja. Berikut ini adalah tips agar meningkatkan ingatan ketika membaca buku, simak yuk;

1.Memberi Tanda Pada Bagian yang Penting

Tips pertama yang bisa dilakukan agar mudah memahami dan mengingat tentang bacaan yang sedang kalian baca ialah jangan lupa memberi tanda pada bagian yang penting pada bacaan kalian. Hal ini bisa membantu kalian ketika kembali membuka bukunya dan mengulang kalimat yang di tandainya. Memberi tanda pada bagian penting ada berbagai cara yang bisa dilakukan, salah satunya memberi sticky note yang menurut kalian pada bigian tersebut terdapat informasi yang penting.

2.Memiliki Tujuan Yang Jelas

Tips kedua ialah memiliki tujuan, sebelum membaca buku maka tentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai setelah membaca buku tersebut. Hal ini penting karena adanya tujuan yang jelas dan terarah maka buku yang dibaca akan mudah dipahami dan mudah diingat selamanya. Membaca buku itu bukan sekedar membacanya saja dengan target harus menyelesaikan satu buah buku dalam sehari, dan sungguh hal itu sangat keliru jika kalian punya keinginan untuk mengingat bacaan yang telah kalian baca.

3.Jangan Lupa Menuliskan Poin Utama

Tips ketiga ialah jangan lupa menuliskan poin-poin utama pada buku yang sedang dibaca. Agar ingatan menjadi terasah dan tajam maka salah satu kebiasaan yang bisa kita lakukan ialah menuliskan poin-poin penting dalam bacaan. Menulis poin-poin inipun tidak perlu menyulitkan diri sendiri, karena salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode mindmap atau bisa pula meringkasnya di microsof word.

Demikian tips-tips yang bisa dilakukan agar buku yang kalian baca bisa dengan mudah untuk dipahami dan diingat, karena hal itu bisa membuat seseorang untuk meningkatkan kemampuan membacanya. Jadi jangan asal membaca saja yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *