Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Tips  

Tips Mengembalikan Pola Tidur dan Pola Makan Setelah Berpuasa di Bulan Ramadhan

Docpict_pixabay

Mewarta.com, Makassar- Bulan suci ramadhan tidak terasa telah meninggalkan kita semua, selama menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan tubuh seseorang mengalami perubahan, salah satunya perubahan pada pola tidur dan pola makan. Beberapa orang mungkin saja mengalami penurunan berat badan pada saat bulan ramadhan dan tidak sedikit pula yang mengalami kenaikan berat badan di bulan ramadhan. Namun, hal ini sungguh wajar dirasakan oleh seseorang karena dalam bulan ramadhan pola makan akan berubah drastis. Terlebih lagi ketika ingin berbuka puasa, seseorang lebih senang dengan makanan yang manis, berlemak dan makanan yang asin. Tidak hanya pola makan yang berubah drastis di bulan ramadhan melainkan pola tidur pun akan berubah selama satu bulan kita berpuasa, lalu bagaimanakah tips mengembalikan pola tidur dan makan setelah bulan ramadhan? berikut beberapa tips mengembalikan pola makan setelah bulan ramadhan;

1.Rutin Makan Tiga Kali Sehari

Tips pertama untuk mengembalikan pola makan setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan ialah rutin makan tiga kali dalam sehari. Makan tiga kali sehari yaitu sarapan di pagi hari, makan siang, lalu makan malam. Mengembalikan metabolisme tubuh sangat penting kalian lakukan karena ketika berpuasa metabolisme tubuh lebih rendah sehingga dapat terjadi peningkatan pada berat badan seseorang.

2.Perbanyak Makan Makanan Yang Bergizi

Tips selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan pola makan setelah melaksanakan ibadah puasa ialah perbanyak makan makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Hal penting bagi kalian juga ialah membatasi dirimu untuk makan di malam hari karena di dalam bulan ramadhan makan dilakukan di malam hari. Olehnya itu, aturlah pola makanmu agar tubuh tetap sehat dan makanan yang beprotein juga akan membantu menurunkan berat badanmu.

3.Hindari Makan Makanan Yang Manis dan Berlemak

Makanan yang paling menggoda memang datang dari makanan yang gurih, berlemak hingga makanan yang manis-manis, terlebih lagi setelah melakukan puasa selama sebulan penuh. Namun makanan seperti itu akan memicu masalah pada pencernaan kalian yang bisa mengakibatkan sakit perut, muntah, hingga gangguan tidur terkadang kalian rasakan. Olehnya itu, hindari makan makanan yang berlemak dan makanan yang manis-manis setelah bulan suci ramadhan dan lebih baik mengonsumsi sayuran dan buah-buah segar.

4.Sesuaikan Jadwal Tidur Secara Perlahan

Tips untuk mengembalikan pola tidur setelah bulan ramadhan ialah tetap menyesuaikan jadwal tidurmu secara perlahan dan bertahap, hingga seiring berjalannya waktu maka pola tidur akan kembali normal seperti yang biasa kalian lakukan sebelum masuk bulan suci ramadhan. Melakukan tidur di siang hari juga baik kalian lakukan karena saat bulan puasa, kalian mungkin lebih banyak tidur di siang harinya. Namun sebaliknya cobalah untuk tidur lebih awal di malam hari dan lebih aktif untuk beraktivitas di siang hari. Tidur siang pun boleh kalian lakukan selama 30 menit untuk mencegah tubuhmu terasa lelah.

Itulah tips-tips untuk mengembalikan pola tidur dan pola makanmu setelah berpuasa di bulan ramadhan selama sebulan penuh. Tetap melakukan pola hidup sehat agar tubuh tetap sehat dalam menjalankan rutinitas sehari-sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *