Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Tips  

Hal Yang Boleh Dilakukan Saat Kalian Mendaki Ke Gunung

Docpict_pixabay

Mewarta.Com, Makassar–Jika seseorang ingin bertamu ke rumah orang lain, maka hal pertama yang dilakukan ialah dengan meminta izin untuk masuk kerumah orang tersebut. Karena dengan meminta izin ke pemilik rumah maka tuan rumah tersebut dengan senang hati menerima keberadaan kita, sama halnya di gunung. Jika hendak ke gunung maka sebaiknya untuk melapor terlebih dahulu ke desa atau aparat desa yang berada di lokasi gunung yang akan kalian daki karena di gunung pada dasarnya adalah tempat dimana bukan hanya manusia yang tinggal didalamnya melainkan juga binatang, mahluk gaib dan sebagainya. Dan selain meminta izin ke warga setempat, kalian juga harus menghargai apa yang ada di alam karena kita semua adalah tamu di suatu tempat tersebut. Dan bukan hanya menghargai atau menghormati apa yang ada di gunung akan tetapi inilah beberapa hal-hal yang boleh dilakukan digunung saat melakukan pendakian:

Jangan pernah malu bertanya, di gunung bukan hanya kita atau rombongan kita yang sedang melakukan pendakian maka dari itu jangan pernah malu untuk bertanya walaupun hanya sekedar tanya nama saja atau mungkin pertanyaan-pertanyaan lainnya tapi dengan catatan jangan sok akrab dengan seseorang yang baru kalian kenal. Dalam perjalanan pun kadang kita singgah untuk beristirahat dan pada momen inilah kalian bisa bertanya-tanya ke teman kalian dan pertanyaannya yang wajar-wajar saja.

Dengarkan cerita teman, setiap orang mempunyai pengalaman naik gunung yang berbeda-beda dan setiap orang juga pastinya setiap kali naik gunung maka mereka membawa orang yang berbeda-beda, contohnya saja jika kalian mau ke suatu gunung dan belum pernah sebelumnya ke gunung tersebut maka kalian pastinya memanggil teman kalian yang sudah pernah ke gunung tersebut untuk menemani kalian, nah dalam keadaan seperti ini kalian sudah bisa bisa berangkat bersama. Akan tetapi dalam perjalanan dan sesampainya di lokasi camp dan sudah saatnya untuk bersantai, jangan langsung masuk tenda dan tidur tapi cobalah untuk berbagi pengalaman dan cobalah juga untuk mendengar cerita-cerita teman kalian. Hal itu akan menambah suasana menjadi bahagia pastinya lebih akrab lagi satu dan lainnya.

Bercanda dan main game, ada kalanya kita perlu mengetahui tempat dimana untuk tidak bercanda atau bermain game yang dapat mengganggu ketenangan sesama, akan tetapi hal bisa kalian lakukan di gunung untuk menghilangkan rasa lelah yang seharian berjalan dan terus mendaki gunung. Bercanda boleh dilakukan dengan catatan tidak mengganggu yang lainnya. Dan main game yang dimaksud disini apa saja boleh dilakukan asalkan sama dengan bercanda tadi yaitu tidak mengganggu ketenangan orang-orang sekitar maupun yang lainnya.

Nah itulah bebarapa hal yang kalian dan teman kalian lakukan di gunung, dan masih banyak lagi yang bisa kalian lakukan agar saat mendaki pengalaman kalian menjadi lebih menyenangkan lagi tentunya. Akan tetapi kalian harus ingat bahwa kalian adalah tamu disetiap rumah ataupun alam yang kalian akan datangi dan tamu harus tau adab-adab saat bertamu sehingga penghuni rumah atau penghuni di alam tidak terganggu dengan kehadiran kalian.

Penulis: Ika RDEditor: Ika RD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *