Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Tips  

Cara Merawat Ayam Potong (Pedaging) Yang Berkualitas

Docpict_Pixabay

Mewarta.Com, Makassar–Daging ayam menjadi salah satu bahan makanan yang biasa dibutuhkan guna menambah gizi masyarakat. Hal ini menciptakan peluang bisnis untuk menjadi peternak ayam potong/pedaging. Usaha yang menjanjikan hasil yang cukup, mengingat banyak olahan makanan yang dapat diciptakan dari daging ayam. Namun, ayam potong ini tidak sama dengan ayam-ayam lainnya yang di mana ayam potong ini memiliki daya tahan yang rendah sehingga mudah terkena penyakit. Tetapi jangan khawatir, banyak cara yang dapat Anda lakukan sebagai peternak ayam untuk tetap menjaga kualitas ayam terbaik.

Berikut cara merawat ayam potong agar cepat besar dan berkualitas baik.

1. Siapkan lahan yang strategis
Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, tentu saja Anda harus merawatnya lebih dari satu. Sehingga Anda harus mempunyai kandang. Anda juga harus memastikan lokasi kandang ayam potong itu jauh dari pemukiman, kalau perlu di dalam pelosok agar tidak mengganggu penduduk sekitar dengan baunya. Pastikan lokasi kandang yang Anda miliki mudah untuk dijangkau oleh transportasi. Udara yang baik juga perlu diperhatikan agar ayam potong mendapatkan oksigen yang baik dan cukup.

2. Pemilihan bibit
Bibit yang unggul ditandai dengan ayam yang bergerak dengan lincah, memiliki bulu yang utuh, bagian mata pada ayam berwarna jernih, dan tidak cacat. Dalam hal ini, jila Anda ingin memiliki ayam yang berkualitas juga harus memperhatikan bentuk dan postur tubuh ayam, jangan hanya sekadar asal masuk.

3. Pemberian pakan yang sesuai
Pastikan Anda memilih makanan yang berkualitas. Ayam potong tidak sama dengan ayam-ayam lainya yang diberi makan pagi dan sore. Coba minimal 2 – 3 kali dalam sehari, misal pagi dan malam (2 kali dalam sehari) dan pagi, sore, dan malam (3 kali dalam sehari). Tentu saja dalam setiap pemberian makannya memiliki takarannya masing-masing sesuai dengan umur si ayam.

Juga pastinya disediakan minum untuk ayam ketika selepas makan.

4. Jenis kandang
Dalam pemeliharaan ayam potong ada 2 jenisnya yakni, kandang litter (kandang lantai) dan kandang panggung. Di sini Anda dapat menggunakan kandang panggung yang di mana dapat membuat kandang lebih bersih karena kotoran jatuh langsung ke tanah, kotorannya pun tidak mudah mengenai tubuh ayam sehingga ayam tidak mudah terkena penyakit. Namun, biaya yang digunakan untuk membuat kandang ini cukup lumayan besar dibandingkan dengan kandang ayam lainnya.

5. Pembersihan kandang
Pembersihan kandang harus dilakukan dengan teliti dan teratur. Anda dapat mencuci atau menyemprotkan kandang dengan air hingga bersih, kebersihan ini juga mempengaruhi tumbuh dari si ayam. Pencucian kandang ini dilakukan sebelum pemelihatraan dan sesudah panen. Tetapi baik juga kalau dilakukan setiap keadaan kandang sedang kotor. Tidak hanya terfokus pada kandang, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan tempat makan dan minumnya.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna menciptakan ayam potong/pedaging yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *