Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Tips  

Aktivitas Yang Wajib dilakukan Bagi Para Pendaki Gunung Setelah Turun Dari Puncak

Docpict_Pixabay

Mewarta.Com, Bulukumba- Mendaki gunung sudah pasti sangat melelahkan semua anggota tubuh, karena seseorang yang mendaki gunung adalah termasuk olahraga yang sangat berat. Selain membawa diri untuk mendaki gunung yang terasa sangat berat maka terlebih lagi peralatan-peralatan mendaki gunung juga sangat berat. Tetapi terkadang jika masih di gunung maka rasa lelah tidak akan terasa apalagi jika di suguhkan pemandangan-pemandangan yang indah dan membuat kita menjadi bahagia dan melupakan rasa lelah yang berjalan seharian. Tapi kapan kira-kira merasakan lelah yang sangat berlebih? Yaitu jika kalian sudah turun dari puncak gunung dan jika kalian sudah sampai dirumah kalian masing-masing. Berbagai rasa sakit terkadang mulai bermunculan baik itu perasaan kurang tidur, hingga nyeri pada otot dan nyeri di seluruh tubuh. Akan tetapi berikut beberapa tips yang boleh kalian lakukan setelah mendaki gunung:

Tetap melakukan gerakan, hal yang pertama yang kalian lakukan ialah tetap bergerak, dan jangan biarkan badan terdiam dan meratapi nyeri di anggota tubuh, akan tetapi berjalanlah setiap pagi dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama juga untuk berjalan tersebut. Tapi lakukan setiap hari dan kalian bisa merasa sedikit demi sedikit rasa nyeri di seluruh tubuh akan segera sembuh. Hal ini mungkin kalian bisa merasakannya 3 sampai 1 minggu untuk benar-benar sudah pulih dan tidak merasakan nyeri otot dan nyeri di seluruh badan kalian.

Oleskan pereda nyeri, hal ini juga sangat membantu kalian yang sedang nyeri otot atau bahkan nyeri seluruh anggota tubuh. Hal ini juga sangat wajar terjadi karena terkadang seseorang mendaki gunung tidak melakukan olahraga sebelum naik gunung dan itu akan membuat otot kaget yang berjalan terlalu lama dan medan yang cukup berat juga. Maka dari itu hal yang kalian lakukan setelah mendaki gunung ialah dengan mengoleskan obat pereda nyeri pada otot kalian atau ke seluruh bagian tubuh yang sedang terasa sakit. Ini akan membantu cepat pemulihan dan kalian bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala.

Mandi air yang dingin, jika kalian dari mendaki gunung, kemungkinan besarnya kalian tidak mandi selama di gunung karena terkadang seseorang yang sudah menyiapkan alat mandinya saja belum tentu untuk mandi di gunung, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena pada dasarnya air di gunung sangat dingin, dan itulah terkadang yang membuat seseorang untuk malas mandi dan lebih baik untuk cuci-cuci saja yang seadanya. Dan jika hal tersebut terjadi pada kalian yang naik gunung maka setelah kalian mendaki gunung tersebut maka hal penting lainnya yang kalian lakukan ialah mandi. Mandi juga dengan menggunakan air yang dingin, dan tidak lupa juga untuk keramas sehingga membuat kalian menjadi lebih fresh lagi untuk melakukan segala aktivitas kembali.

Minum air putih yang cukup, sudah tidak bisa di hindari lagi karena di gunung pastinya kalian akan kurang minum air putih dan banyak cairan kalian yang keluar akibat mendaki gunung tersebut. Maka hal yang dilakukan selanjutnya setelah mendaki gunung ialah minum air putih yang cukup. Ini sangat penting kerena jika di gunung terdapat sumber air yang banyak, terkadang seseorang juga tidak mencukupi kebutuhan air untuk masuk kedalam tubuhnya, maka dari itu setelah melakukan pendakian sebaiknya cukupi cairan tubuh kalian dengan banyak minum air putih.

Olahraga yang rutin, hal ini juga sangat penting baik itu sebelum mendaki gunung atau setelah mendaki gunung. Karena banyak diantara kalian pastinya tidak melakukan olahraga terlebih dahulu dan itu akan membuat kalian menjadi cepat lelah. Akan tetapi setelah mendaki gunung kalian juga jangan melupakan untuk tetap olahraga secara rutin, olahraga yang kalian lakukan juga tidak perlu yang berat-berat dan yang perlu kalian lakukan ialah cukup dengan berlari-lari kecil di depan rumah kalian dan lakukan juga secara rutin setiap harinya.

Perawatan wajah dan tubuh, jika kalian telah mendaki gunung maka banyak yang merasakan perubahan warna kulit di wajahnya atau bahkan di badannya yang terkena panas. Hal ini pastinya membuat kalian tidak pede dan tidak ingin memperlihatkan wajah kalian untuk sementara waktu, akan tetapi hal yang perlu kalian lakukan setelah mendaki gunung ialah perawatan kulit wajah dan tubuh kalian. Dan perawatan untuk wajah kalian pastinya sangat banyak yang kalian bisa gunakan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah lagi, begitu pula dengan perawatan tubuh kalian juga banyak produk-produk yang bisa kalian pakai untuk mendapatkan hasil yang baik lagi.

Nah itulah hal-hal yang boleh kalian lakukan setelah mendaki gunung dan tetap menjaga kesehatan kalian agar kalian bisa lagi kembali untuk bertualang atau mendaki gunung-gunung impian kalian. Semoga bermanfaat yah.

Penulis: Ika RDEditor: Lebah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *