Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Tips  

4 Hal Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menerapkan Pola Tidur Sehat

Pola tidur sehat
Docpict_pixabay

Mewarta.com, Gowa- Orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam waktu tidur dalam sehari. Pola tidur yang teratur dapat membuat tubuh menjadi berenergi dan bersemangat untuk menjalani hari. Tetapi, banyak sekali orang yang tidak dapat menjaga pola tidurnya, sebagian orang mengabiskan waktunya untuk bekerja hingga larut malam dan ada juga sebagian dari mereka yang mengalami insomnia, sehingga mereka tidak lagi memperhatikan waktu tidurnya. Ini merupakan hal yang tidak bisa dianggap sepele karena bisa berdampak pada kesehatan, banyak dampak negatif yang dapat dihasilkan ketika seseorang memiliki waktu tidur sedikit atau tidak normal diantaranya, mereka akan mudah lelah dan ngantuk, tidak bersemangat, dan akan mengalami darah rendah yang memudahkan penyakit untuk hinggap pada diri mereka.

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan, sehingga Anda dapat memiliki pola tidur yang baik. Tetapi, perlunya sikap konsisten dalam menjalankan merupakan hal penting untuk seseorang memperoleh pola tidur yang baik pula. Berikut merupakan cara yang kiranya dapat Anda terapkan untuk memperoleh waktu tidur yang cukup dan baik:

1. Tetapkan jam tidur Anda
Buatlah jadwal tidur Anda. Dalam hal ini, Anda harus konsisten dalam menerapkan. Tidak hanya membuat, tetapi harus menjalankan. Tidak lupa buat tujuan utama Anda mengapa membuat jam tidur sehingga apa yang kita lakukan setelah bangun menjadi lebih jelas dan terarah, contoh “Saya harus tidur di bawah jam 22.00 agar kesehatan tubuh saya bisa terjaga, dan bisa tetap terjaga dalam setiap aktivitas kedepannya”. Ini bukan sekadar penetapan waktu, tetapi harus ada kesiapan diri untuk tetap konsisten dalam menerapkannya.

2. Matikan lampu atau sumber cahaya dalam kamar
Ketika Anda sulit untuk tidur, cobalah matikan lampu kamar tidur Anda. Pada saat tubuh Anda tidak terkena cahaya, maka otak akan memproduksi hormon melatonin sehingga bisa membuat ngantuk. Dengan keadaan kamar yang gelap akan membuat Anda merasa lebih tenang dan tentram untuk tidur. Sehingga diri Anda akan tertidur dengan nyenyak dan bangun dalam keadaan segar di pagi hari. Tetapi, bagi yang memiliki ketakutan pada kegelapan, Anda dapat memberikan sedikit cahaya remang-remang pada kamar Anda.

3. Hindari makan berat pada malam hari
Dengan banyak makan, Anda akan semakin sulit untuk tidur sehingga terpaksa harus begadang hingga larut malam. Selain itu, hindari kafein sebelum tidur, maka Anda dapat tidur dengan nyenyak. Konsumsilah makanan dengan secukupnya ketika malam hari, karena ketika seseorang cenderung sering makan banyak dan berlebihan seperti nasi, sayur, dan daging-dagingan ini akan membuat tubuh lebih lama untuk memproses makanan yang ada dalam tubuh kita pada malam hari. Sehingga membuat susah untuk tidur.

4. Berolahraga
Sebagian besar jaringan tubuh, termasuk rangka otak itu selalu berhubungan dengan jam biologis tidur. Maka dari itu jika Anda rutin berolahraga, otak akan merespons dengan menyelaraskan ritme sikardian. Dengan berolahraga juga dapat meningkatkan hormon melatonin, sehingga dapat membuat tidur Anda pada malam hari akan terjaga.

“Jika bukan Anda, siapa lagi? Jika bukan sekarang, kapan lagi? Mari rawat dan jaga diri Anda dan nikmati kenikmatan dalam hidup Anda dengan baik dan bersinergi.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *