Tips  

Tips Bagi Mahasiswa Untuk Menghindari Stres

Docpict_SS by: Pixabay.com

Mewarta.com- Menjadi mahasiswa sudah tidak asing lagi dengan rasa stres yang seringkali mendatangi setiap saat. Menjadi seorang mahasiwa membutuhkan usaha yang cukup keras dalam menghadapi kehidupan karena kehidupan mahasiswa tidak sama dengan kehidupan di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Mahasiswa harus berusaha lebih ekstra karena banyak tuntutan yang sedang dihadapi dan tuntutan itulah yang terkadang membuat seorang mahasiswa menjadi stres hingga akhirnya apa yang ingin dikerjakan jadi tertunda dan bahkan tidak selesai sama sekali. Nah berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan bagi mahasiswa untuk menghindari stres yang seringkali menghampiri, diantaranya:

Jangan lupa membuat prioritas. Menjadi mahasiswa di sebuah kampus memang memakan banyak waktu karena mahasiswa memiliki banyak hal yang akan dikerjakan, seperti ingin bergabung dengan organisasi-organisasi yang ada dikampus baik itu ekstra maupun intra, bertemu dengan teman-teman baru yang berasal dari daerah-daerah dan melakukan hal-hal yang lainnya. Namun, setelah menuliskan semua rencana-rencana yang akan dilakukan kedepannya maka diri kita harus membuat prioritas kegiatan-kegiatan tersebut misalnya memilih hal yang lebih bersifat mendesak dibandingkan hanya sekedar kegiatan hiburan saja.

Merencanakan semua hal yang akan dilakukan. Seorang mahasiswa jika ingin menghindari rasa stres yang sering kali menghampiri ialah dengan cara merencanakan semua hal yang akan dilakukan. Rencanakanlah berbagai kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan agar kegiatan itu menjadi tersusun rapi sehingga kalian mengetahui mana yang harus dilakukan terlebih dahulu dan mana yang akan dilakukan berikutnya, buatlah rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang.

Menemukan teman untuk saling mendukung. Sebagian mahasiswa memiliki tingkatan stres yang berbeda, diantaranya ada yang merasa putus asa karena tekanan dan lain sebagainya, adapula seorang mahasiswa yang fokus pada kehidupan sosialnya namun melupakan soal pendidikannya. Namun hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja untuk selamanya dan dirimu pun perlu menemukan teman yang bisa mendukungmu, yaitu mendukung di bidang sosial dan soal pendidikanmu hingga akhirnya rasa stres pun akan terkontrol dan dirimu bisa menjalankan keduanya.

Berikan waktu untuk diri sendiri. Hal ini juga sangat penting untuk dilakukan seorang mahasiswa yaitu memberikan waktu untuk diri sendiri. menjadi seorang mahasiswa memang memiliki beban berat namun beban tersebut tidak untuk dibiarkan begitu saja hingga membuatmu merasa stres. Olehnya itu, berikan waktu untuk diri sendiri untuk beristrahat, memilih tenang dengan diri sendiri, mengatasi rasa cemas dan kuatkan diri sendiri terhadap persoalan yang sedang dialami.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan seorang mahasiswa untuk mengatasi rasa stres. Tetaplah semangat dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa baik itu mahasiswa yang lebih aktif di akademik ataupun aktif di organisasi. Hal itu justru sangat baik dilakukan namun perlu dipahami bahwa semua itu ada batasannya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *