Kampus  

Tingkatkan Kualitas Karya Tulis Ilmiah, Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Dilatih Mendeley

Gowa, Mewarta.com— Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar mendapatkan pelatihan menggunakan Aplikasi Mendelay di Lt. Barat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jumat (02/12/2022).

Kegiatan praktikum Mendelay ini bertujuan mengenalkan dan melatih mahasiswa untuk menggunakan aplikasi pencarian referensi dan berbagai literatur untuk kepentingan penelitian dan publikasi Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Program Studi MPI Semester III sebanyak 66 orang yang didampingi oleh 12 orang fasilitator serta 2 orang dosen pembimbing yakni St. Ibrah Mustafa Kamal, S.E.,M.Sc. dan Lisa Nursita, S.E.,M.Si.

St. Ibrah Mustafa Kamal, S.E.,M.Sc. selaku dosen pembimbing praktikum ini menerangkan bahwa, memilih mendeley karena aplikasi ini mempermudah dalam membuat daftar pustaka dan tidak tidak sulit di dalam memasukkan data referensi.

“Tinggal cari file yang akan dikutip dan kemudian daftar pustaka pun muncul. Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagai makalah, mencari data penelitian, jurnal, dan sumber referensi yang digunakan dalam menulis ilmiah” jelasnya.

Aplikasi Mendeley diterapkan dalam naskah publikasi yang dihasilkan pada mata kuliah Penelitian dan Publikasi yang sementara dikuliahkan sebagai tugas Project Based learning yang diampuh Dr. Andi Halimah, M.Pd.

Dr. Andi Halimah, M.Pd. mengatakan bahwa naskah penelitian dan publikasi yang dihasilkan tersebut adalah hasil kegiatan pendampingan service learning yang dilakukan oleh mahasiswa di beberapa sekolah dan madrasah, lalu ditulis dalam naskah publikasi.

“Demi memperkuat kualitas naskah publikasi tersebut diterapkan Aplikasi Mendeley untuk mengecek akurasi referensi yang digunakan,”tegasnya.

Pelatihan diawali dengan pengenalan aplikasi mendeley dan fiturnya, kemudahan dan kelebihan aplikasi, dilanjutkan dengan pelatihan menggunakan aplikasi tersebut.

Terakhir penguatan dilakukan oleh Lisa Nursita, S.E. M.Si terkait keuntungan dan kelebihan penggunaan aplikasi mendeley dalam penulisan karya ilmiah sejenis makalah, laporan penelitian, dan skripsi, termasuk peluang mahasiswa mendapatkan job jasa layanan mendeley bagi yang membutuhkan.

“Semoga mahasiswa senantiasa menerapkan ilmu tersebut dalam menulis karya ilmiah di berbagai tugas menulis akademik” tutupnya Andi Halimah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *