Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Maju DPR RI; SBN Yang Penting Papua Pegunungan Sudah Provinsi

Mewarta.com, Papua — Yang Penting Papua Pegunungan Sudah Provinsi. Slogan kampanye ini, sepintas pesannya sangat unik & tdk biasa. Seringkali yg kita baca di jalan2 dimana spanduk atau baleho para Caleg dipasang, isinya selalu ttg sosok diri & semangat yg diusung calon. Sekedar beberapa contoh saja; *Muda, Kreatif, Jujur & Siap Membawa Aspirasi Rakyat dll. Slogan2 seperti itulah yang ramai kita temukan di baleho & spanduk belakangan ini.

Kalau tidak percaya coba cek sendiri fakta itu, apalagi saat ini musim kampanye Caleg plus Pilpres sedang bergema kencang di seantero negeri ini. Tgl 14 Januari 2024, rakyat Indonesia dari Sabang Aceh hingga Merauke Papua akan melaksanakan hajat pesta demokrasi serentak. Bayangkan betapa ramainya para politisi menjual janji kampanye jika mereka terpilih sebagai wakil rakyat hingga jd presiden kedepan.

Syahmud Basri Ngabalin

Slogan kampanye unik, “Yang Penting Papua Pegunungan Sudah Jadi Provinsi” ternyata muncul dari “Syahmud Basri Ngabalin” yang merupakan salah satu Caleg DPR RI Dapil daerah Papua Pegunungan.

Syahmud Basri Ngabalin atau Bung SBN (sebutan para aktivis) ini bukan sosok yang asing di Papua. Sempat menjadi ketua senat universitas Sains Tekhnologi Jayapura (USTJ) Padang Bulan, Jayapura, lalu ia hijrah ke Jakarta untuk memperkuat jaringan aktivisme Papua ke jenjang aktivis mahasiswa di tingkat nasional.

Singkat cerita, dari era reformasi hingga transisi demokrasi, Bung SBN selalu dipercaya menjadi pelopor pergerakan mahasiswa di organisasi HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) beserta kelompok Cipayung memainkan peran2 strategis. Ketika masuk di partai berlambang pohon beringin terutama dipercaya menakhodai BSN (Badan Saksi Nasional) DPP Golkar, kiprah Bung SBN semakin berat, terutama memastikan partai besar ini bisa memenangkan hati rakyat, menang di Pileg maupun Pilpres 2024.

Pilihan Kembali Asal

Provinsi Papua Pegunungan adalah salah satu DOB (Daerah Otonomi Baru) yg dimekarkan pemerintah pusat pada thn 2021. Tujuan DOB utk mempercepat pembangunan di Provinsi paling terisolasi di tanah Papua itu. Tapi tidak banyak yg tahu proses DOB itu lahir itu ternyata ada peran-peran para tokoh-tokoh tertentu.

Bung SBN adalah salah satu aktornya. Ia adalah tokoh tengah yg mempertemukan tokoh bawah dan atas. Bermula dari aspirasi bawah yg kuat meminta DOB Provinsi Papua Pegunungan Tengah kepada pemerintah pusat, yg dimotori Jhon Tabo selaku ketua Golkar kabupaten, lalu direspon oleh Bung SBN.

Sebagai aktivis partai Golkar yang juga berasal dari Papua, komunikasi Jhon Tabo & Bung SBN mulai terjalin. Bahkan sangat intens. Komunikasi 2 tokoh Papua inipun berbuah manis karena Dolly kurnia selaku ketua komisi II DPR RI yang membidangi pemekaran sangat merespon tuntutan DOB Provinsi Papua Pegunungan. Bung SBN yang punya kedekatan emosional & politik sejak aktivis dengan Dolly Kurnia, pun bergerak cepat hingga Provinsi Papua Pegunungan secara resmi menjadi salah satu Provinsi Pemekaran di Tanah Papua.

Tanpa peran Bung SBN yang intens memediasi aspirasi dari bawah dgn atas, mustahil DOB Papua Pegunungan bisa dengan sangat cepat dimekarkan. Dengan majunya Bung SBN sebagau Caleg DPR RI Nomor Urut 1 di daerah pemilihan Papua Pegunungan, kiprah Bung SBN sangat dibutuhkan. Ibaratnya setelah Provinsi baru itu sukses mekar, maka tugas Bung SBN selanjutnya harus bisa mengisinya dengan program-program yang konkrit.

Bung SBN tahu merintis, sudah pasti ia sangat tahu apa yang jadi kebutuhan dalam memperrcepat kemajuan untuk rakyat Provinsi Papua Pegunungan.

Jaringan, ide, gagasan & tenaga akan ia curahkan untuk bekerja mempercepat pembangunan Papua dari gunung, lembah, pesisir hingga kota siap diwujudlkan dengan bukti bukan janji. Inilah komitmen Bung SBN berpolitk mulai darimana ia berasal & lahir.

Golkar Menang, Indonesia Maju.

Di tulis oleh:
Divara Azzahara De Larezi
Mahasiswi HI Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)