Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

MGMP PAI Tingkat SMP Kab. Sidrap Sukses Menggelar Islamic Camp

Dokumentasi Kegiatan Islamic Camp

Mewarta.com, Sidrap—Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Tingkat SMP Kabupaten Sidrap sukses menyelenggarakan Islamic Camp dengan mengusung tema “Membangun Generasi Menuju Peradaban Peduli Akhlak Indonesia” di Wisata Puncak Bila Kab. Sidrap, yang berlangsung mulai 30 April – 02 Mei 2024.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dr. Muhammad Idris Usman, S.Ag., M.A. selaku Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Sidrap. Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa terdapat 3 tingkatan kebahagian dalam Ilmu Filsafat.

“Ada 3 tingkatan kebahagian dalam Ilmu Filsafat, tingkatan paling rendah adalah kebahagiaan diukur berdasarkan apa yang orang itu rasakan senang melakukan sesuatu, tingkatan kedua adalah ketika seseorang bisa memberi manfaat kepada orang lain, dan tingkatan ketiga adalah bisa melakukan berbagai hal yg bermakna dalam kehidupan kita. Jikalau kita melihat pada kegiatan Islamic Camp ini, ketiga tingkatan kebahagian itu tedapat pada kegiatan ini,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pembinaan akhlak, pembiasaan perilaku perilaku Islami, dan muhasabah diri dalam bingkai suasana religius yang dipadukan dengan suasan berwisata.

Kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar, para peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan antusias. Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada Islamic Camp berupa Shalat Taubat, Shalat Tahajjud, Shalat Witir, Shalat Dhuha, Kultum, Dzikir Bersama, Lomba Asmaul Husna, dan terdapat pemberian materi terkait KeIslaman.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Islamic Camp ialah 175 peserta dari 33 SMP yang berada di Kab. Sidrap.

Sementara itu, Zulkarnain Mansyur, S.Ag., M.Pd.I. selaku Ketua MGMP PAI Tingkat SMP Kab. Sidrap dalam laporannya mengatakan bahwa harapan besar dengan kegiatan ini mampu memberikan hal positif kepada para peserta yang mengikutinya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan penerapan perilaku-perilaku Islami dan pembinaan akhlak kepada para peserta sehingga dalam aktifitas selanjutnya dalam kehidupan sehari-harinya dapat menjadi kebiasaan yang konsisten,” tambahnya.

Di tempat yang berbeda, H. Muslimin Muchtar, S.EI., M.E. selaku Kepala Seksi PAIS Kemenag Sidrap memberikan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara kegiatan Islamic Camp.

“Selamat kepada panitia pelaksana telah memaksimalkan dan memberikan yang terbaik dalam setiap agenda di Islmic Camp ini, sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik, sukses, dan para peserta bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dalam kegiatan ini,” ujarnya.*