Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

LPDP Kembali Buka Program Beasiswa, Ikuti Alur Tips Ini Agar Bisa Lolos Beasiswa LPDP

DocPict_Beasiswalpdp.kemenkeu.go.id

Mewarta.Com, Gowa–LPDP atau di sebut juga dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah lembaga penyedia beasisiwa yang berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin yang profofesional untuk masa depan bangsa serta mendorong motivasi demi terwujudnya Indonesia yang demokratis, sejahtera dan berkeadilan. Setiap Tahun LPDP membuka peluang program beasiswa bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan, dan beasiswa LPDP ini bukan hanya berada di dalam negeri akan tetapi beasiswa luar negeri juga terdapat di dalamnya, baik itu strata sarjana, magister maupun program doktor. Beasiswa di LPDP tterdapat dua gelombang, yang pertama di buka Februari hingga Maret sedangkan gelombang kedua di buka Juli hingga Agusutus tahun berjalan. Beasiswa LPDP ini sendiri membuka berbagai macam beasiswa didalamnya, yaitu beasiswa regular, Afirmasi, dan beasiswa targeted. Pada beasiswa LPDP ini memiliki tahapan seleksi beasiswa, yang seleksinya tidak jauh berbeda dengan tahun lalu yaitu seleksi administrasi, seleksi subtansi akademik dan kebangsaan serta seleksi wawancara.

Nah bagi kalian yang ingin melanjutkan studi dengan penerima beasiswa LPDP, ini dia tips-tips atau persiapan-persiapan yang kalian harus lakukan sebelum mendaftarkan diri menjadi penerima beasiswa LPDP.

1.Siapkan sertifikat TOEFL

Mendaftarkan diri di sebuah Universitas ataupun lembaga memiliki berbagai macam persyaratan, tak lain dari pendaftaran beasiswa LPDP ini. Sertifikat TOEFL ataupun sertifikat pelatihan memang sangat berpengaruh terhadap kelengkapan berkas atau kelengkapan administrasi. Sertifikat ini sebagai salah satu penunjang lulus atau tidaknya seseorang dalam mengikuti seleksi. Bagi calon pendaftar beasiswa regular yang akan melanjutkan magister dalam negeri maka harus memiliki sertifikat TOEFL ITP dengan skor minimal 500. TOEFL IBT minimal 61. PTE academic minimal 50 atau IELTS minimal 6,0. Sedangkan bagi calon pendaftar beasiswa regular luar negeri maka harus memiliki sertifikat TOEFL iBT® 80. PTE Academic 58, atau IELTS™ 6,5.

Untuk program doktor beasiswa reguler dalam negeri terdapat sertifikat TOEFL yaitu, TOEFL ITP® 530. TOEFL iBT® 70. PTE Academic 50 atau IELTS™ 6,0. Sedangkan untuk program doktor luar negeri adalah sertifikat minimal  TOEFL iBT® 94. PTE Academic 65 atau IELTS™ 7,0. Kemudian hal yang lebih penting lainnya adalah sertifikat TOEFL ITP tersebut di peroleh dari lembaga resmi yang ada di Indonesia.

2.Teliti dalam mengisi berkas

Dalam pengisian berkas beasiswa LPDP memang sangat penting untuk di perhatikan karena ini merupakan tahap awal dalam penyeleksian administrasi. Hal yang perlu di lakukan ialah mempersiapkan dari jauh-jauh hari berkas tersebut karena berkas beasiswa ini bisa dikatakan sangat banyak. Dan hal lainnya yang paling penting adalah jangan sampai lewat deadline pendaftaran tersebut. Contohnya saja berkas yang di persiapkan adalah sertifikat-sertifikat pelatihan atau workshop, piagam-piagam prestasi, ataupun pengalaman-pengalaman riset lainnya. Karena ini semua akan menunjang kelulusan untuk mendaftar sebagai penerima beasiswa LPDP.

3.Rencana studi dan perkuat essai

Melanjutkan pendidikan diawali dengan perencanaan studi yang jelas dan tentunya harus terarah. Ini juga hal penting yang kalian harus lakukan selain dari persiapan-persiapan yang lainnya, karena menentukan program jurusan dan universitas akan membantu kalian agar bisa lolos dalam tahap administrasi. Selain program jurusan dan universitas, maka hal mendukung lainnya yaitu dengan memperkuat essai yang kalian tulis, jangan menuliskan essai dengan asal-asalan saja. Penulisan essai ini mempunyai kaidah yang penting yang tidak boleh kalian lupakan, yaitu bagian pembuka, isi dan penutup. Bagian pembuka kalian bisa menuliskan fakta yang ada dangan berbagai cara kalian agar essai kalian menjadi kuat dan pastinya tidak asal-asalan. Selain itu personal statement dan rencana komitmen kembali ke Indonesia juga sangat penting untuk kalian siapkan.

4.Cari lebih banyak informasi

Informasi yang akurat penting untuk kalian kembangkan, bagi kalian yang mendaftar sebagai penerima beasiswa LPDP harus pandai-pandai memilih informasi yang benar atau informasi yang tidak benar. Bagi kalian pastikan informasi tersebut benar dan jika kalian ragu dengan informasi itu, maka kalian boleh bertanya ke mentor ataupun kalian bisa bertanya ke pihak LPDP. Kalian bisa menanyakan tentang dokumen-dokumen apa yang perlu dipersiapkan, atau menanyakan tentang bagaimana rencana penulisan rencana studi.

5.Letter Of Acceptance

LOA atau disebut juga surat resmi dari perguruan tinggi yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima di salah satu universitas atau perguruan tinggi yang tidak ada lagi persyaratan yang didalamnya terdapat nama lengkap, jenjang studi, dan program studi. Jika kalian sudah mendapatkan LOA tersebut maka kesempatan besar kalian akan mendapatkan beasiswa tersebut.

Nah ini dia tips yang dapat kalian persiapkan sebelum mendaftar beasiswa LPDP tahun 2022. Tetap semangat dan semoga kalian bisa mendapatkan beasiswa di kampus yang kalian minati dengan program studi yang kalian inginkan. Semangat berjuang!

Penulis: Ika RDEditor: Lebah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *