Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru Bahasa Indonesia Pokja 2 Maros

Maros, Mewarta.com—Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kelompok Kerja (Pokja 2) Bahasa Indonesia Kabupaten Maros melakukan pelatihan bagi Guru Bahasa Indonesia yang tergabung di Pokja Bahasa Indonesia 2 di The Clove Cafe dan Resto Jl. Gladiol Kompleks Terminal Maros, Sabtu (03/12/2022).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, khususnya Guru Bahasa Indonesia di Pokja 2. Sesuai semangat Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), guru madrasah perlu meningkatkan kompetensi dan kinerjanya secara bertahap, berjenjang, dan berkelanjutan melalui PKB.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 16 orang Guru Bahasa Indonesia Madrasah Aliyah Pokja 2 Kabupaten Maros. Narasumber pelatihan yakni Dr. Andi Halimah, M.Pd., selaku Instruktur Nasional PKB yang juga Dosen PGMI FTK UIN Alauddin Makassar.

Dr. Andi Halimah dalam uraian materinya menganalogi proses mengajar ibarat memasak.

“Perlu bahan, alat, cara mengolah dan menyajikannya agar menarik dan disukai oleh penikmatnya. Mengajar harus sepenuh hati dan melakukannya dengan persiapan yang baik, melaksanakan dan mengevaluasi capaian pembelajarannya dengan cara dan proses terbaik pula, sehingga hasilnya optimal” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, diawali dengan penjelasan singkat materi “Cerita Rakyat” (cera) dan memilih materi cerita rakyat dari daerah Maros yakni “Toakala dan Bissu Daeng, Legenda dari Maros.”

“Pemilihan materi tersebut dimaksudkan untuk menginspirasi para guru yang tergabung di MGMP Bahasa Indonesia untuk menggunakan sumber materi yang ada di lingkungan sekitar, agar guru dan peserta didik mengenal kearifan lokal dan nilai sastra yang ada di lingkungannya” tambahnya Andi Halimah.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengidentifikasi karakteristik cerita dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, serta mengaitkan dengan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar. Selanjutnya, membedah modul dengan mencermati kesesuaian kebutuhan pengguna, sehingga Modul PKB yang digunakan sesuai dengan harapan.

Antusiasme guru-guru mengikuti kegiatan tersebut tampak, berbagai tanggapan positif tentang manfaat kegiatan tersebut dan merasa sangat terinspirasi dengan materi yang dibahas dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Mansur Ga’ga selaku Ketua MGMP MA Bahasa Indonesia Pokja 2, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Saya berharap kegiatan serupa terus dilakukan untuk memotivasi dan menginspirasi para guru dalam melakukan proses pembelajaran demi mewujudkan generasi unggul melek literasi” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *