Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
Opini  

Transformasi Gerakan Membangun Peradaban

Penulis: Fatur Rahman (Ketua 1 PMII Makassar)

Mewarta.com, Takalar- Memperingati Hari lahir PMII (Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia) yang ke 62 ini, Ketua panitia menyampaiakan tema besar yang berpijak kepada 3 landasan yaitu Ekologi Lingkungan Hidup, Ekonomi dan Politik”

Sebagai kader PMII tentunya harus selalu mampu menjawab tantangan zaman, sebab tidak bisa kita pungkiri bahwa seiring berkembangnya peradaban maka segala ekosistem maupun bidang bidang pengetahuan juga semakin melesat maju, baik di bidang IPTEK, Politik, Ekonomi dan mengenai Lingkungan Hidup . Sebab kita ketahui bersama bahwa hal tersebut selalu berjalan dan berkembangan beriringan untuk kemajuan zaman.

Dibidang IPTEK yang merupakan bidang yang terus menunjukkan kemajuan dari masa kemasa untuk suatu kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses segalanya. Secara umum, IPTEK merupakan Ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana keterampilan untuk menciptakan alat atau Komponen sampai kepada metode pengelolaannya.

Untuk Dibidang Politik, yang merupakan sebuah bidang yang tidak lagi awam bagi masyarakat, karna sebagai orang orang yang hidup secara demokrasi tentunya segalanya tak lepas dengan politik. Dinamika perkembangan politik mulai dari Prakolonial, Penjajahan, Orde Lama, Orde Baru Sampai di reformasi tidak pernah ada hentinya. Sebab yang akan menentukan nasib masyarakat, Biaya hidup, Harga pasar, Dll adalah sebuah keputusan Politik, diluar dari pada kekuatan Permintaan dan penawaran. Maka dengan ini pernah Dikatakan Oleh Bertolt Brect bahwa ” Buta Terburuk adalah Buta Politik” .

Dibidang Ekonomi, yang dengan ini menjadi ilmu utnuk mempelajari usaha dalam mencapai kemakmuran. Mempelajari ilmu ekonomi akan membantu kita dalam memahami bagaimana perilaku masyarakat tertentu, untuk pengambilan keputusan dari kebijakan ekonomi yang diambil, hingga dapat meningkatkan kepekaan dari berbagai masalah ekonomi, baik ditingkat Lokal, Regional, Nasional Maupun Global.

Dibidang lingkungan hidup , yang merupakan bidang terpenting dari sebuah ekosistem, sebab setiap makhluk hidup seperti Manusia, Hewan & Tumbuhan memiliki erat yang tidak bisa dilepaskan. Karna hal tersebut terbangun secara alamiah seiring berkembangnya, maka dari itu disebut dengan Ekologi karna ada sebuah hubungan Timbal Balik diantara likngkungannya yang sama sama saling topang menopang.

Dari beberapa bidang tersebut, dengannya merupakan segala interaksi keseharian manusia, yang saling mrmpengaruhi satu sama lainnya. Sehingga sangat perlu kiranya sebuah transformasi gerakan yang Visioner untuk menjaga dan mengembangkan hal tersebut untuk Sebuah Peradaban yang maju.

Carut marutnya politik kurun waktu 1950 Р1959 menjadi sebuah Saksi perjalan sejarah lahirnya PMII Untuk melepaskan Masyarakat dari belenggu Rezim Demokrasi Liberal dan parlementer. perpecahan di kalangan masyarakat Indonesia mulai muncul, perbedaan antar daerah dalam hal adat istiadat, moral, tradisi, agama, pengaruh Marxisme, serta ketakutan akan dominasi politik Jawa, semuanya berdasar pada perpecahan.

Selain itu masalah kemiskinan, tingkat pendidikan yang rendah, dan tradisi otoriter. Bahkan berbagai gerakan separatis juga muncul untuk menentang Republik Indonesia pada saat Seokarna Menjadi presiden.

Sehingga dengan ini PMII hadir sebagai organisasi yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jama’ah sebagai jalan tengah untuk mewarnai perjalan Demokrasi.

Maka dengan ini, atas nama kader PMII kami turut berbahagia dan berbangga di Umur yang Ke-62 Tahun, PMII Telah banyak mentransformasi gagasan kemajuan untuk bangsa dan Negara .
Yaumul Milad Pergerakanku, Dan Salam Pergerakan !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *