Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
News  

Waspadai Lanina BMKG Sulsel Imbau Masyarakat Waspada

Mewarta.Com, Makassar-Cuaca di Sulsel beberapa hari terakhir memasuki musim hujan, yang terkadang disertai dengan angin kencang.Perubahan cuaca di Sulsel menyebabkan cuaca susah ditebak yang terkadang cuaca panas lalu tiba-tiba berganti ke hujan dengan curah yang sangat deras.

Perubahan cuaca tersebut mendapat respon dari Kantor besar Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar mengimbau masyarakat Sulsel untuk tetap waspada efek La Nina di seluruh wilyah Indonesia, termasuk di Sulsel yakni peningkatan curah hujan.

“Terutama pada bulan-bulan di mana akan memasuki masa puncak musim hujan yaitu bulan Desember 2021 dan Januari 2022,” ungkap Esti Kristantri, Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, (13/11/2021).

La Nina merupakan fenomena alam yang menyebabkan cuaca terasa lebih dingin atau peningkatan curah hujan yang lebih ekstrem meningkat diseluruh wilayah Indonesia sehingga patut untuk diwaspadai.

Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena La Nina menyebabkan Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan hingga di bawah suhu normal.

Lebih lanjut Esti menjelaskan, fenomena La Nina akan berdampak pada peningkatan curah hujan dan berdampak pada resiko bencana hidrometeorologi seperti puting beliung, banjir bandang, dan tanah longsor.

“Ini disebut upwelling dan membuat suhu muka laut turun. Kondisi ini akan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia, serta membuat musim hujan terjadi lebih lama”, tutupnya.

Penulis: LebahEditor: Lebah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *