Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Tiga Proposal Usaha Mahasiswa STIMI YAPMI Makassar Raih Pendanaan dan Pendampingan Wirausaha.

Makassar, Mewarta.com–Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) YAPMI Makassar berhasil memperoleh dana hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha tahun 2023 pada kegiatan Grand Seminar Pendidikan yang diadakan oleh The Indonesia Teaching Mind Technology (ITMT) Indonesia yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Imawan Lantai III (8/7/2023). Mahasiswa tersebut adalah Muhammad Gilang Ramadhan, Angghi Nursyamsi dan Sulfidayanti. Pada ajang ini, ketiganya memilih bidang usaha jasa dan perdagangan pada bisnis Savatoo Shoes Cleaning, Thriftee dan Usaha Lumbu Spesial. Dana hibah Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha ini merupakan inisiasi dari Bapak Ibrahim Syah, S.E., M.M  selaku Ketua STIMI YAPMI, yang bertujuan untuk mengembangkan serta memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa, khususnya di STIMI YAPMI Makassar.

Saat diwawancarai, Gilang Ramadhan mewakili rekan-rekannya mengatakan bahwa alasan mereka memilih bidang usaha tersebut adalah karena ingin menyesuaikan dengan kemampuan dan usaha yang dimiliki.

Lebih lanjut ia mengatakan “Karena kan dari program ini tuh harus minimal sudah ada planning usahanya ya, dan harus ada prototipenya, jadi itu syarat untuk mengikuti program ini, makanya dipilihlah kategori usaha dan jasa dan ini telah melalui beberapa kali seleksi dan penilaian yang cukup ketat oleh dosen pengampu matakuliah kewirausahaan” ucapnya.

Menurut Bapak Ibrahim Syah, S.E., M.M bahwa menjadi mahasiswa itu menjadi salah satu kesempatan untuk menambah pengalaman sebanyak-banyaknya, tidak hanya di bidang wirausaha namun juga di bidang lainnya. “Mungkin tidak hanya wirausaha ya, tapi berbagai bidang akan dicoba ya, dari mulai wirausaha, kemudian keilmiahan, kemudian sains dan teknologi, itu kami dari civitas akademika akan mempelajari, jadi sebisa mungkin kita memperdalam ilmu mereka (mahasiswa. Red) justru sejak mereka masih mahasiswa untuk bekal nanti ketika lulus dari kampus ini”, tuturnya.

Lebih lanjut Ibrahim Syah memberikan pesan bahwa “Mahasiswa harus ada pikiran untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya, terutama untuk kampus ya. Karena kualitas STIMI YAPMI Makassar  salah satunya yang paling berpengaruh adalah mahasiswanya, kalau mahasiswanya banyak yang berprestasi otomatis level STIMI YAPMI Makassar  di tingkat nasional juga akan naik kan, itu yang harusnya sadar untuk berkontribusi terhadap kampus”, pungkasnya.

Inovasi dari usaha Savatoo Shoes Cleaning, Thriftee dan Usaha Lumbu Spesial yang diusung ini memiliki beberapa keunggulan atau perbedaan yang dimiliki dan menjadikan usaha ini berhasil didanai jika dibandingkan dengan usaha lainnya. Mulai dari harganya yang terbilang murah dibandingkan di tempat lain, ingin membuat aplikasi startup untuk dikembangkan di masa yang akan datang,

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Anwar selaku pengampu matakuliah Kewirausahaan pada Fakultas Manajemen Kelas Golbal STIMI YAPMI Makassar, berpesan sebagai mahasiswa yang masih dalam proses tahap belajar mengembangkan skill, minat, kemampuan, dan bakatnya jangan takut untuk mencoba hal baru. Mahasiswa juga harus percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Selanjutnya, dengan bekal keilmuan itu harus berani bereksplorasi.

Penulis: Anwar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *