Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Sambut Hari Pahlawan, Ikatan Pemuda Permas Gelar Aksi Donor Darah

Mewarta.com, Jayapura — Dewan Pengurus Daerah Ikatan Pemuda Persatuan Masyarakat Selayar ( IP-Permas) Provinsi Papua punya cara berbeda dalam menyambut Hari Pahlawan 10 November 2022.

Organisasi yang menghimpun Pemuda asal Selayar di tanah Papua ini bakal menggelar Bakti Sosial Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis pada hari Sabtu, 05 November 2022 di Pelataran Mesjid Al – Hikmah, Tanah Hitam Distrik Abepura, Jayapura.

Ketua Panitia Pelaksana Rahmatullah membenarkan jika kegiatan ini dalam rangka menyambut hari pahlawan dengan menggelar aksi kemanusiaan. Pihaknya mengungkap, target pendonor dikisar 100 orang dengan sasaran utamanya adalah warga Selayar yang notabenenya banyak berdomisili di Daerah Tanah Hitam dan Abepante.

Namun demikian, ia berharap ada partisipasi pendonor dari masyarakat umum yang ada di Jayapura. Pasalnya stok darah kerap menjadi kebutuhan yang sangat urgen selama ini.

“Kami menarget masyarakat Selayar untuk mendonor. Hal ini penting dalam memenuhi kebutuhan darah yang tak hentinya diperlukan oleh banyak pasien di Jayapura,” ujar Rahmatullah.

Selain dari Ikatan Pemuda Permas, kegiatan aksi donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis ini mendapat support dari berbagai pihak, termasuk dari PMI Kota Jayapura dan Dompet Duafa.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Umum DPD Ikatan Pemuda Permas Provinsi Papua Syahrul Arham Bahar. Menurutnya, selama ini kebutuhan darah di Kota Jayapura senantiasa menjadi persoalan. Karena hampir tiap menit ada permintaan darah untuk pasien di Kota Jayapura.

Oleh karenanya, kata dia, Pemuda Permas melihat ini sebagai panggilan kemanusiaan sehingga tergerak hatinya untuk melakukan aksi donor darah yang dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

“Karena satu tetes darah yang kita donorkan amat berarti bagi mereka yang sedang membutuhkan,” ujarnya.

Dengan demikian, Syahrul sapaan akrab Ketua Ikatan Pemuda Selayar ini mengajak kepada semua warga Selayar dan masyarakat umum, wabil khusus pemuda di Kota Jayapura untuk turut berpartisipasi mendonorkan darahnya sebagai wujud kepedulian terhadap sesama.

“Karena selain untuk membantu sesama, mendonorkan darah juga bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Mendonorkan darah juga memiliki kontribusi dalam menyelamatkan jiwa, bisa meningkatkan umur dan harapan hidup seseorang, serta bisa meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah,” kata Syahrul Arham Bahar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *