Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
News  

Penelitian Terbaru Banjir Global Di Ujung Tanduk, Penduduk Bumi Patut Waspada

Gbr: Ilustrasi

Mewarta.Com-Makassar, Pemanasan global semakin meningkat beberapa dekade terakhir ini, ini bisa menjadi ancaman serius bagi bumi dan penghuninya termasuk manusia. Pemanasan global jika tidak di tangani dengan baik maka akan menjadi bencana global, khususnya banjir global.

Ancaman banjir global ini merupakan hasil penelitian dari University of Leeds yang dipimpin oleh Thomas Slater. hasil penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Nature Communications, Mewarta.com mengutip dari CNBC Indonesia, Selasa(15/11/2021).

Dalam jurnal disebutkan berdasarkan hasil penelitian bahwa sebanyak 3,5 Triliun lapisan es Greenland mencair dalam satu dekade trakhir ini. hal ini menyebabkan naikknya permukaan laut global sebesar 1 cm, dan ini bisa menyebabkan resiko peningkatan banjir di daerah pesisir secara global.

“Greenland juga rentan terhadap peningkatan peristiwa cuaca ekstrem, saat iklim kita menghangat, masuk akal untuk mengharapkan bahwa contoh pencairan eksrem di Greenland akan lebih sering terjadi” ungkap Thomas Slater sebagai penulis utama pada penelitian.

Proyeksi perkiraan limpasan antariksa baru-baru ini sangat membantu untuk memahami proses pencairan yang kompleks sehingga kedepannya kita bisa memperbaiki perkiraan kenaikan permukaan laut.

“Perkiraan model menunjukkan bahwa lapisan es Greenland akan berkontribusi antara 3-23 cm terhadap kenaikan permukaan laut global pada tahun 2100,” kata rekan penulis penelitian itu, Amber Leeson dosen senior Ilmu Data Lingkungan di Universitas Lancaster Inggris.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *