Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional, Pemerintah Kelurahan Kaca Gandeng Mahasiswa KKN dalam Melakukan Pembersihan

Dokumentasi Semarak Hari Peduli Sampah Nasional

Mewarta.com, Soppeng—Pemerintah Kelurahan Kaca ikut serta dalam menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan mengadakan pembersihan di sekitar Kantor Kelurahan dan dua Sekolah Dasar (SD) dengan menggandeng Mahasiswa KKN Angkatan 74 UIN Alauddin Makassar, Kelurahan Kaca, Jum’at (23/02/2024).

Hari Peduli Sampah Nasional merupakan momen penting bagi masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Dalam kegiatan ini, pemerintah Kelurahan Kaca juga berkolaborasi dengan dua sekolah dalam ruang lingkup Kelurahan Kaca yaitu SDN 57 Kaca dan SDN 186 Taluma Kaca.

Masyarakat Kelurahan Kaca terkenal dengan sistem kekeluargaannya, antusiasme dalam menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional tercermin dengan kolaborasi yang diadakan dalam melaksanakan pembersihan. Dengan sigap segala ruang dibersihkan dan tak terlihat sedikit sampah yang berserakan.

“Hari Peduli Sampah Nasional bebas plastik,” ujar salah seorang Staff Kelurahan Kaca.

Di sisi lain, mahasiswa KKN Kelurahan Kaca benar-benar terjun dan turun langsung dalam pelaksanaan pembersihan dan memberikan kontribusi yang sangat membantu.

Pada pelaksanaan ini dihadiri oleh Pemerintah Kelurahan Kaca, RT/RW, Kader Posyandu, Pihak Sekolah Dasar, dan Mahasiswa KKN.

Di akhir, Alfina, salah seorang Mahasiswa KKN Kelurahan Kaca mengatakan bahwa ini merupakan salah satu pencegahan DBD.

“Kami salut dengan Pemerintah setempat yang sangat antusias dalam melaksanakan pembersihan guna menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional. Ini juga merupakan salah satu cara pencegahan DBP, dengan membersihkan dan menyingkirkan sampah-sampah yang berserakkan serta genangan-genangan air tempat jentik nyamuk bersemayam,” tutupnya.