Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
News  

Kukuhkan Kader Di Mesjid Gantarang, Begini Harapan Ketua Ansor Selayar

Selayar, mewarta.com — Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kepulauan Selayar sukses menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) angkatan ke- III.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, dari Jumat tanggal 11 sampai Minggu 13 Maret 2022 di Aula Kantor Kementerian Agama, Jalan MT. Haryono Benteng Selayar.

Dari pantauan kami, sebanyak 17 calon kader GP Ansor resmi dikukuhkan di Mesjid Awaluddin Kampung Toa Gantarang Lalang Bata. Sebagaimana diketahui mesjid tersebut merupakan awal mula masuknya Islam di Bumi Tanadoang (nama lain Selayar).

Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kepulauan Selayar, Ahmad Sultan mengatakan bahwa kegiatan PKD ini adalah salah satu proses kederisasi bagi pemuda NU yang ingin menjadi bagian atau pengurus digerakan pemuda Ansor.

“Alhamdulillah, kita telah melaksanakan PKD selama tiga hari dan 17 Kader Ansor Selayar telah resmi dibaiat dan dikukuhkan di Masjid Gantarang. Kami ucapkan selamat untuk sahabat-sahabat yang mengikuti pelatihan tersebut dan resmi menjadi bagian dari keluarga besar Nahdlatul Ulama,” ujar Ahmad Sultan.

Menurut dia, tempat pengukuhan itu sengaja dipilih di kampung Toa Gantarang karena menari cikal bakal syiar Islam di bumi Tanadoang. Di kampung itulah seorang ulama hadir pertama kali menyebarkan ajaran Islam.

“Sengaja kita pilih kampung Gantarang sebagai tempat pembaiatan untuk kader, supaya kita kembali mengingat dan sekaligus ajang refleksi kepada kita semua khususnya para kader yang akan dikukuhkan bahwa awal masuk penyebaran agama Islam di Kabupaten Selayar,” ungkap Ahmad Sultan.

Lebih lanjut, selaku Ketua PC GP Ansor Kepulauan Selayar, dirinya juga berpesan kepada para peserta PKD, agar betul-betul mempunyai spirit perjuangan yang tinggi. Utamanya dalam membangun ghirah organisasi dan jaringan dalam mengembangkan dan memajukan organisasi GP Ansor di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Tak hanya itu, harapan besar juga dititipkan oleh Ketua GP Ansor Selayar Ahmad Sultan untuk pemerintah daerah agar kiranya dapat memberi perhatian untuk Kampung Toa Gantarang. Pasalnya, sangat miris ketika melihat akses masuk. Disisi lain, kampung ini adalah salah satu objek wisata yang harus diperhatikan.

“Kami berharap kepada pemerintah daerah agar sekiranya memperhatikan kampung Gantarang Lalang Bata. Seperti akses jalan menuju daerah ini sudah rusak parah, padahal kita tahu bahwa di daerah ini ada Masjid tua dan kuburan yang diyakini masyarakat setempat adalah makam ulama besar yang menjadi situs dan bukti bahwa daerah inilah menjadi tempat awal penyebaran syiar agama Islam masuk,” pungkas Ahmad Sulatan.

Sekedar diketahui, hadir dalam kegiatan pengukuhan dan pembaiatan kader Gerakan Pemuda Ansor Kepulauan Selayar yaitu sahabat Hamzah dan Hariyanto sebagai instruktur dari PW GP Ansor Sulawesi Selatan, Agus Salim mantan Ketua Banser Korcab Kepulauan Selayar serta Ketua PC GP Ansor Kepulauan Selayar berserta pengurus dan penitia pelaksana.

Penulis: SuharlimEditor: Ika RD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *