Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Hypnoteaching – Ciptakan Keajaiban Mengajar dengan Teknik Hypnosis

Gowa, mewarta.com. Dari judul buku Hypnoteaching, pembaca awam mungkin membayangkan adegan dimana seorang guru menidurkan siswanya. Tentu bukan itu yang dimaksud. Buku yang ditulis oleh Muhammad Anwar. HM dan diterbitkan oleh CV Mitra Ilmu Makassar Sulawesi Selatan, mengulas tentang penerapan Neuro Linguistik Program (NLP) dalam pembelajaran yang kemudian dikenal dengan nama hypnoteaching.  Tentu saja pemberian sugesti menjadi bagian pembahasan dari buku ini. Yang menarik, adalah tehnik-tehnik tentang bagaimana sugesti bisa ditanamkan tanpa harus menidurkan siswa.  Ide-ide yang ditawarkan dalam buku terbitan tahun 2022 ini sangat sederhana namun memiliki efek yang menakjubkan. Membaca buku ini akan membantu  guru  membangun interaksi yang positif dengan siswa dan pada akhirnya meningkatkan motivasi belajar siswa.

Penulis lebih menitik beratkan pada gagasan penerapan Neuro Linguistik Program dari pada konsepnya. Guru diberikan petunjuk bagaimana mengakses pikiran bawah sadar siswa. Selanjutnya juga dijelaskan bagaimana  guru dapat memanfaatkan pikiran bawah sadar (yang berkontribusi 88% pada kemampuan diri) untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Tehnik-tehnik Waking Hipnosis dalam buku ini cukup praktis dan mampu memberikan energi positif bagi siswa. Pembelajaran yang menggairahkan, kira-kira itulah yang ingin dicapai melalui pendekatan ini.

Pembahasan tentang persepsi diri mendapat perhatian yang  banyak dalam buku ini. Persepsi yang merupakan bagian dari pikiran bawah sadar dipandang sebagai penentu setiap tindakan dan sikap kita.  Respon kita terhadap apapun yang terjadi di dalam hidup merupakan hasil bentukan persepsi dan bersifat otomatis. Sementara itu, persepsi sangat dipengaruhi oleh kebiasaan dan input yang diterima oleh panca indera. Dalam pembentukan kebiasaan dan pemberian input inilah guru dapat menjalankan perannya. Dan buku ini menjelaskan langkah-langkah praktis yang perlu ditempuh oleh guru. Meskipun jika dibandingkan dengan buku serupa lainnya, penulis menjelaskan beberapa tehnik dalam  hypnoteaching, sehingga buku ini menawarkan banyak kemajuan dalam pembelajaran.

Hypnoteaching merupakan salah satu metode pengembangan pembelajaran bagi guru untuk mengatasi berbagai permasalahan dunia pendidikan. Hypno yang berarti memberikan sugesti dan teaching yang berarti mengajar. Hypnoteaching merupakan proses pemberian sugesti dalam kegiatan belajar mengajar sehingga mampu menembus critical area siswa. Dalam apliaksinya dilapangan. Proses hypnoteaching, guru tidak perlu menidurkan siswa dulu dalam mengatur dan memberikan sugesti. Guru cukup memberikan kalimat persuasif sebagai alat komunikasi yang sesuai dengan harapan siswa.

Selama proses pembelajaran agar proses sugesti berhasil dan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Maka guru perlu menerapkan dengan penuh empati sehingga ada pendekatan batin. Meskipun siswa dianggap kurang baik. Siswa akan merasa enggan dan benci terhadap gurunya. Dalam proses hypnoteching dapat dikombinasi dengan cerita dengan penuh fantasi dan imajinatif Karena ini disukai sama anak-anak termasuk siswa berprestasi menengah ke atas. Metode hyonoteaching tidak hanya menjadikan suasana kelas menjadi hidup dan menyenangkan. Tetapi juga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Jika berminat memiliki bukunya, silahkan menghubungi +62 81316121977.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *