Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

HMJ PBA FTK UINAM Hadirkan Coach Anwar dalam Seminar Public Speaking dengan Tema Explore Your Talk Skills and Show Your Quality

Gowa, Mewarta.com. Seminar Public Speaking dengan tema explore your talk skills and show your quality yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, sukses dilaksanakan pada Sabtu 2 Juli 2022, bertempat di LT Barat FTK. Kegiatan seminar kali ini selain melibatkan civitas akademika HMJ PBA FTK UINAM. Narasumber pada kegaiatan seminar public speaking yaitu Muhammad Anwar. HM, dosen FTK yang juga sebagai Master Public Speaking pada lembaga ITMT Indonesia.

Jamaluddin selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan dalam sambutannya bahwa acara ini adalah salah satu program kerja HMJ Pendidikan Bahasa Arab yang beberapa kali tertunda pelaksanaannya, dikarenakan sejatinya kegiatan ini diselenggarakan di akhir bulan Juni 2022. Hanya saja mempertimbangkan pada saat itu perkuliahan masih berlangsung. panitia belum dapat memastikan acara akan dapat dilangsungkan secara offline, yang akhirnya diundur sampai awal bulan Juli  (02 Juli 2022). Meskipun begitu, beliau menyampaikan kegembiraannya karena acara dapat berlangsung lebih efektif dan terasa lebih dekat manfaatnya kepada para mahasiswa dibandingkan jika harus dilangsungkan secara online.

Senada dengan yang disampaikan oleh ketua pelaksana kegiatan, Dr. K.H. Asmullah, M.Th.I dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang mewakili ketua Prodi yang berhalangan hadir sekaligus membuka kegiatan secara resmi, beliau menyampaikan dalam sambutannya bahwa saat ini kampus-kampus sudah mulai dapat menyelengarakan kegiatan secara offline dan harapannya kegiatan-kegiatan dapat lebih mudah terserap manfaatnya oleh seluruh civitas akademika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan khususnya program studi PBA.

Presentasi materi di pandu oleh Muhammad Irfan. Di awal penyampaian materi, narasumber menegaskan pentingnya mempelajari banyak disiplin ilmu pengetahuan bagi seorang mahasiswa. Karena menurutnya, sudah termasuk tugas dari seorang mahasiswa untuk menemukan kesesuaian antara satu bidang kelimuan dengan bidang keilmuan lainnya, seiring dengan bertambah kompleksnya permasalahan-permasalahan kontemporer yang baru-baru saja muncul. Menguasai satu bidang keilmuan dan upaya integrasi-interkoneksi dengan bidang-bidang keilmuan lainnya menjadi barang wajib untuk seorang mahasiswa.

Beliau juga mengatakan bahwa tidak ada yang instan dalam melakukan segala hal, semua butuh proses dan pengorbanan. Keterampilan berbicara di depan harus didukung oleh banyak hal diantaranya adalah harus memiliki skill dan mental yang kuat, sebab berbicara di depan banyak orang membutuhkan skill atau keterampilan, karena audience tentu memiliki berbagai karakter yang berbeda-beda dan yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa seorang public speaker harus memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan pastinya penguasaan materi sangat diperlukan.

Agenda berlangsung hangat dengan adanya diskusi dan tanya jawab, dan berakhir pada pukul 13.00 WITA yang diakhiri dengan sesi foto bersama narasumber dan panitia bertempat di LT Barat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *