Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Hadirkan Dua Narasumber Profesional Prodi MPI FTK UINAM Sukses Gelar Seminar Public Speaking di MTsN Kota Makassar

Makassar. Mewarta.com. Seminar Public Speaking yang merupakan salah satu program mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar yang diselenggarakan di Aula lt. II MTsN Kota Makassar pada jum’at (7/6). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan meningkatkan kemampuan berbicara peserta melalui penyampaian materi yang komprehensif. Seminar Public Speaking menghadirkan dua narasumber yaitu coach Muhammad Anwar. HM, beliau adalah dosen FTK Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Laboratorium Microleading FTK dan CEO ITMT Indonesia, proffessional trainer of Public Speaking. Sedangkan narasumber kedua yaitu Angkilang, S.Pd., M.Pd salah satu dosen di Institut Parahikma Aisyiah, beliau juga merupakan praktisi public speaking.

Kegiatan Seminar Public Speaking dibuka oleh Wakamad Bidang Kurikulum ibu Hj. Nurhana, S.Pd., M.Pd yang mewakili Kamad (Kepala Madrasah). Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa  program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini dapat menciptakan pengalaman belajar yang berharga bagi peserta. Diakhir sambuatannya beliau juga menyampaikan pengharagaan dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak kampus, dalam hal ini khususnya kepada para pimpinan yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar karena telah mempercayai dan memberikan kesempatan kepada pihak Madrasah untuk ikut bekerjasama dalam kegiatan ini

Di kesempatan yang sama kedua narasumber memaparkan materi-materi dalam kegiatan Seminar Public Speaking ini, harapan dari kedua narasumber agar peserta mempelajari teknik-teknik berbicara yang baik dan efektif guna memperbaiki kemampuan berbicara mereka. Para narasumber juga mengajarkan bagaimana membangun kepercayaan diri, mengatur intonasi suara, menggunakan bahasa tubuh yang tepat, serta menyampaikan pesan dengan jelas dan persuasif. Materi yang disampaikan membantu peserta mengembangkan kemampuan berbicara agar lebih meyakinkan dan mempengaruhi audiens.

Tema Workshop Public Speaking kali ini adalah “Speak Up the Art of Amplifiying your Voice”. Kegiatan ini dirancang untuk menanamkan keterampilan berbicara di depan umum kepada peserta dan meningkatkan kemampuan berbicara yang baik. Dengan menguasai kemampuan public speaking, peserta dapat mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi.

Seminar Public Speaking ini merupakan kesempatan emas bagi pelajar untuk mengasah keterampilan berbicara yang sangat penting dalam kehidupan profesional maupun pribadi mereka. Dengan menguasai kemampuan public speaking, mereka akan menjadi lebih percaya diri dalam menyampaikan gagasan, memimpin presentasi, dan berinteraksi dengan orang lain.