Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Dialog ITSBM Selayar Satukan Pendapat Untuk Kemajuan Selayar

Mewarta.com, Selayar —- Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah (ITSBM) Selayar sukses menyelenggarakan dialog lintas sektoral di Rayhan Cafe & Resto, jln. Jenderal Ahmad Yani, Benteng, Rabu malam (28/09/2022).

Dialog yang diramu dalam nuansa bincang santai ini mengangkat tema “Menata masa depan seni, budaya, teknologi, olahraga dan pariwisata Selayar” dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang memiliki kompetensi pada bidangnya masing-masing.

Ketua panitia pelaksana Anastasia Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk membangun sinergitas ITSBM Selayar dengan berbagai pihak terkait sekaligus menyatukan prespektif serta mempererat tali silaturahmi bersama civitas akademika.

“Sebagaimana tema kegiatan, tentunya kita berharap kehadiran ITSBM bisa berkonstribusi kedepan dalam pengembangan seni, budaya, teknologi, olahraga dan pariwisata di Selayar,” ujarnya.

Selanjutnya, masuk ada sesi dialog, moderator mempersilahkan setiap pembicara untuk menyampaikan gagasannya terkait Selayar yang berkaitan dengan bidandnya atau kapasitas keilmuannya masing-masing

Sementara itu, Rektor ITSBM Selayar Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS, menyinggung komponen civitas akademika yang didominasi oleh unsur pemuda. Menurutnya, ITSBM Selayar berharap bahwa kader-kader atau kaum muda bisa tampil secara totalistas untuk lebih explorer potensi daerahnya.

Karena itu, Prof Akbar bertekad menjadikan Kampus yang baru saja berdiri beberapa bulan yang lalu ini untuk menjadi landasan dalam menciptakan Sumber Daya Manusia Selayar yang unggul dan punya kompetensi.

Kemudian pada kesempatan berikutnya, Kepala Dinas Parawisata Selayar Drs. Hasbullah Kamaruddin mengungkap 3 program unggulan Pemerintah Selayar dibawah kepemimpinan H. Muh. Basli Ali dan H. Saiful Arif.

Yakni Selayar sebagai Kawasan ekonomi khusus pariwisata, Selayar sebagai pusat industri perikanan terpadu, dan menjadikan Selayar sebagai pusat distribusi logistik.

Dengan demikian, pihaknya mengharapkan adanya kerjasama lintas organisasi perangkat daerah untuk memajukan potensi sumber daya alam atau sumber daya manusia demi keberhasilan Selayar.

“Dari segi potensi kita sangat luar biasa tapi memang ada beberapa kendala terkait infrastruktur yang belum memadai,” ungkap Hasbullah.

Senada dengan Kepala Dinas PMPTSPTK Selayar Muhammad Arsyad, S.KM., M.Kes., MSc.PH., dalam pemaparannya soal pembangunan Selayar kedepan.

Sekretaris MD KAHMI ini juga berharap agar kedepannya terus terbangun hubungan kerjasama yang baik dan bagaimana memaksimalkan semua bidang untuk memajukan Selayar.

“Kita harus memaksimalkan semua bidang dan bekerjasama dengan masyarakat atau segala unsur di Selayar. Misalkan bidang olahraga, parawisata, teknologi, pendidikan dan masih banyak lagi bidang yang lain yang perlu dioptimalkan,” bebernya.

“Dan dengan adanya ITSBM Selayar, kita sangat berharap mau buat diskusi terkait kajian-kajian untuk setiap OPD di Selayar,” tutup Muhammad Arsyad.

Lain halnya dengan pandangan Anggota DPRD Kepulauan Selayar dari komisi 1 yakni Andi Mahmud, SE.

Dalam kesempatannya, ia sempat menyinggung status Kabupaten Kepulauan Selayar yang termasuk dalam daerah termiskin di Sulsel.

“Status Selayar masuk dalam Kabupaten termiskin di Sul-sel. Termasuk Indeks pembangunan manusia yang sangat memperhatikan Selayar. Tentu dengan berdirinya berbagai kampus di Selayar menjadi jawaban terkait hal itu sehingga akan mengurangi kemiskinan dan menambah sumber daya manusia,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *