Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
News  

Demo Aliansi Organda Sulsel, Minta 3 Menteri Ini Dicopot

Mewarta.com, Makassar — Ratusan demonstran dari Aliansi Organda (Organisasi Mahasiswa Daerah) se-Sulawesi Selatan, menggelar aksi demonstrasi di depan kantor DPRD Provinsi Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Kamis (14/4/2022), siang.

Aliansi Organda se-Sulsel terdiri dari 28 organisasi, menyuarakan aspirasinya sebagi bentuk sikap tegas terhadap sejumlah isu nasional dan daerah.

Salah satu poin pernyataan sikap mereka, yakni mendesak pencopotan tiga orang menteri dalam kabinet Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin.

Ketiga menteri yang dimaksud adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Dari pantauan kami, aliansi organisasi daerah ini menilai ketiga menteri yang disebut, tidak kapabel dan harus bertanggungjawab penuh terhadap keresahan publik hingga berujung pada akai protes besar-besaran di seluruh wilayah tanah air.

Aliansi Organda se-Sulsel juga meminta agar Presiden Jokowi segera menstabilkan harga BBM, dan menjaga stabilisasi harga bahan pokok. Menolak pemindahan ibukota negara (IKN), mengevaluasi Peraturan Penata Ruang di kabupaten/kota dan provinsi serta evaluasi penyaluran bantuan sosial selama pandemi Covid-19.

Tidak hanya itu, untuk issu keadaerahan di Sulawesi Selatan, Aliansi Organda se-Sulsel meminta Gubernur Sulsel agar memperhatikan kondisi pendidikan di Sulsel, melalui bantuan beasiswa.

Gubrnur Sulsel juga diminta intens menjalin silaturahmi dengan Organda se-Sulsel, untuk menghindari konflik antar organda, serta memperhatikan aspirasi masyarakat adat melalui RUU Masyarakat Adat.

Perwakilan tiap-tiap organisasi punenyampaikan orasinya. Adapun aspirasi Aliansi Organda diterima Wakil Ketua DPRD Sulsel, Saharuddin Alrif dan berjanji akan meneruskan aspirasi mereka ke pemerintah pusat dan pemerintah provinsi.

Sekedar diketahui, aksi demonstrasi ini berlangsung aman dan tertib. Hanya saja sempat mengalami kemacetan arus lalulintas dari arah Jalan Masjid Raya menuju Urip Sumoharjo sehingga kendaraan yang hendak melintas depan kantor DPRD Sulsel diarahkan melintas di atas Flyover.

Penulis: Suharlim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *