Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
News  

Bupati Andi Utta Launching Inovasi ‘Lego-lego Si Cantik’ dan ‘Tenripada’

Mewarta.com, Bulukumba- Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf melaunching inovasi dari dua Pejabat Administrator di Aula Kantor Bappelitbangda Kabupaten Bulukumba, Selasa, 31 Mei 2022.

Inovasi yang merupakan aksi perubahan dua pejabat ini adalah Sinergitas Perencanaan Infrastruktur dan Kewilayahan Berbasis Spasial Web/GIS (Lego-lego Si Cantik) oleh Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Kewilayahan Bappelitbangda, Putri Andi Rumpang.

Kemudian, inovasi Sistem Informasi Pelayanan dan Pemberdayaan (Tenripada) di Kecamatan Ujung Bulu oleh Sekretaris Camat Ujung Bulu, Andi Tenri Rawe.

Bupati lebih akrab disapa Andi Utta menyampaikan bahwa launching ini, sebagai upaya mendorong penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berbasis digital, sehingga lebih efektif, efisien dan terintegrasi atau terpadu.

Data Terpadu ini merupakan acuan dasar dalam penyusunan program Infrastruktur dan Kewilayahan berbasis Spasial/WebGIS sebagai mandatory dari Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

“Saya memandang penting kegiatan ini sebagai wadah lintas sektor untuk mendapatkan data dan informasi akurat, terpercaya dan memiliki dasar atau nilai akuntabilitas yang bisa dipertanggungjawabkan,” kata Andi Utta.

“Tentu ini akan menjadi informasi yang sangat penting digunakan terutama ketika melihat wilayah Kabupaten Bulukumba yang cukup luas dengan topografi yang beragam seperti pegunungan, dataran rendah, dan pantai,” tambahnya.

Ia pun berharap, untuk mengoptimalkan pemanfataan data dan informasi yang disajikan tersebut, maka kepada stakeholder terkait untuk dapat bersinergi dan secara bersama-sama merumuskan langkah-langkah konkrit yang dapat menjadi acuan dalam menetapkan kebijakan pembangunan daerah.

Andi Utta lebih jauh mengapresiasi Program Tenripada di Kecamatan Ujung Bulu sebagai upaya meningkatkan responsibilitas pemerintah terhadap layanan publik, khususnya di kecamatan.

“Ini penting. Sebab pemerintah kecamatan adalah garda terdepan bersama kelurahan melakukan pelayanan kepada masyarakat,” kata bupati berlatar pengusaha tersebut.

Selain itu, sebagai pusat ekonomi daerah, maka jajaran Kecamatan Ujung Bulu dan kelurahannya dituntut untuk lebih pro aktif mendorong dan membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian melalui pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Aparat pemerintah di tingkat bawah harus lebih peduli dalam membantu dan menfasilitasi para pelaku UMKM dengan instansi- instansi terkait, sehingga sektor UMKM ini terus bertumbuh dan mendorong kemajuan ekonomi daerah,” jelas Andi Utta.

Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bappelitbangda Bulukumba, Putri Andi Rumpang mengaku ada pekerjaan penting untuk menyelesaikan beberapa masalah pemetaan.

“Beberapa stakeholder yang kita hubungi, mereka bermasalah spasial. Jadi dalam hal ini, ketika kami melakukan aksi perubahan, kami membuat website terkait dengan sinergitas perencanaan infrastruktur dan kewilayahan yang diberi nama ‘Lego-lego Si Cantik’,” ujarnya.

Putri akrab Andi Cece ini menerangkan tujuan inovasi tersebut salah satunya mengupdate perencanaan di Kabupaten Bulukumba. Melalui website itu juga katanya, dapat dilihat proses-proses perencanaan infrastruktur dan kewilayahan.

“Kita juga bisa mengakses sistem jaringan jalan dan irigasi melalui pemetaan. Jadi, bagaimana sistem perencanaan, apa yang akan dilaksanakan dan monitoring evaluasi dapat kita akses di website ini,” katanya.

Sementara, Sekcam Ujung Bulu Andi Tenri Rawe mengemukakan bahwa inovasi aplikasi Tenripada bisa membantu produk-produk UMKM di Kecamatan Ujung Bulu.

“Aplikasi ini juga, dapat membantu masyarakat untuk mengetahui layanan administrasi apa saja yang ada di Kecamatan Ujung Bulu dan apa saja persyaratannya yang harus disiapkan,” jelasnya.

Tenri Rawe membeberkan latarbelakang melakukan inovasi Tenripada tersebut. Kata dia, penyelenggaraan pelayanan publik pada tingkat Kecamatan yang belum optimal di Kecamatan Ujung Bulu.

“Cukup krusial mengingat banyaknya aduan masyarakat dan potensi UMKM yang ada di Kecamatan Ujung Bulu,” tukasnya.

Menurutnya apabila dikelola dengan baik, maka akan memberikan dampak positif kepada pemerintah maupun masyarakat yang bergerak di bidang UMKM.

“Dengan begitu akan mendukung perputaran roda perekonomian di Kabupaten Bulukumba, khususnya di Kecamatan Ujung Bulu,” kata Tenri Rawe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *