Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
News  

Batas Usia Honorer Yang Bisa Diangkat Menjadi PNS dan PPPK

Doc_Pict:Okezone

Mewarta.Com, Makassar–Pengangkatan Honorer menjadi PNS atau PPPK akhir-akhir ini menjadi polemik di seluruh Indonesia dengan adanya wacana bahwa tahun 2023 tidak ada lagi honorer yang bekerja di instansi pemerintah baik itu di pusat, Pemrov,Pemda,dan di Instansi pemerintah lainnya. Wacana tersebut tentunya membuat polemik baru dikalangan para honorer yang sudah mewakafkan pengabdiannya bertahun-tahun dengan harapan nantinya akan di angkat menjadi Pegawai Negeri/PPPK.

Menanggapi polemik yang terjadi, KEMENPAN RB angkat bicara perihal proses pengangkatan Honorer menjadi PNS, bahwa pengangkatan tersebut tetap melalui seleksi yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB, Mohammad Averrouce mengatakan pemerintah akan mengangkat honorer yang sudah mengabdi di instansi pemerintah pusat maupun daerah. Namun Ia mengatakan bahwa untuk diangkat menjadi PNS tetap melalui seleksi CPNS

Mengacu pada aturan pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 berikut ini kriteria Honorer yang bisa diangkat menjadi PNS:

  1. Tenaga honorer yang berusia maksimal 46 tahun dan mempunyai masa kerja 20 tahun atau lebih secara terus-menerus
  2. Tenaga honorer yang berusia maksimal 46 tahun dan mempunyai masa kerja 10-20 secara terus-menerus
  3. Tenaga honorer yang berusia maksimal 40 tahun dan mempunyai masa kerja 5-10 tahun secara terus-menerus
  4. Tenaga honorer yang berusia maksimal 35 tahun dan mempunyai masa kerja 1-5 tahun secara terus-menerus

Namun untuk kriteria tersebut pengangkatan Honorer menjadi PNS akan diutamakan pada usia paling tinggi dengan masa pengabdian terlama.

“Tenaga honorer yang saat ini bekerja di instansi pemerintah akan diangkat menjadi CPNS, tetapi dengan proses seleksi. Setelah menjadi CPNS, tenaga honorer bisa diangkat menjadi PNS,” tutur Mohammad Averrouce dilansir dari Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *