Mengabarkan Fakta
MasukIndeks
News  

9 Daerah Termiskin Di Sulsel,Perlu Perhatian Serius Pemerintah Daerah

Docpict;pixabay.com

Mewarta.com, Makassar- Berdasarkan rilisan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel tentang data kemiskinan dan ketimpangan di setiap daerah di Sulsel pada 26 Desember 2022, terdapat 9 daerah di Sulsel dengan angka kemiskinan di atas 10 persen. Kabupaten Pangkep menempati urutan pertama daerah termiskin di Sulsel. Berikut ini daftar daerah termiskin di Sulsel versi data Badan Pusat Statistik Sulsel:

  1. Kabupaten Pangkep.Berdasarkan hasil survei BPS Sulsel, persentase angka kemiskinan dan ketimpangan di Pangkep mencapai 13,92 persen. Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Pangkep mencapai 47,53 ribu jiwa.
  2. Kabupaten Jeneponto. Persentase penduduk miskin di Jeneponto mencapai 13,73 persen. Posisi ini hanya bergeser satu tingkat dimana tahun sebelumnya Jeneponto menjadi daerah termiskin. Jumlah penduduk miskin di Jeneponto yakni 50,59 ribu jiwa.
  3. Kabupaten Luwu Utara. Daerah termiskin selanjutya yakni Luwu Utara dengan persentase mencapai 13,22 persen. Jumlah penduduk miskin di Luwu Utara mencapai 42,29 ribu jiwa. Luwu Utara sendiri memiliki luas wilayah mencapai 7.502,58 km² atau sekitar 16,39% dari luas wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.
  4. Kabupaten Luwu. Persentase penduduk miskin di Luwu yakni mencapai 12,49 persen. Jumlah penduduk miskin sekitar 46,50 ribu jiwa.
  5. Kabupaten Enrekang. Kabupaten Enrekang menduduki posisi kelima daerah termiskin dengan persentase penduduk miskin 12,39% dan jumlah penduduk miskin 26, 15 ribu jiwa.
  6. Kabupaten Tana Toraja. Kabupaten ini terkenal dengan budayanya yang sangat eksotis namun masih termasuk dalam kategori miskin dengan persentase 12,18 persen dengan jumlah penduduk miskin mencapai 29,31 ribu jiwa.
  7. Kabupaten Kepulauan Selayar. Daerah ini terkenal dengan pariwisatanya. Salah satunya yaitu Taman Nasional Taka Bonerate, namun sangat disayangkan masih termasuk daerah miskin di Sulsel dengan persentase mencapai 12,24 persen. Adapun jumlah penduduk miskin di Selayar, yakni mencapai 16,74 ribu jiwa.
  8. Kabupaten Toraja Utara. Persentase penduduk miskin di Toraja Utara mencapai 11,65 persen, dengan jumlah penduduk miskin 23,31 ribu jiwa.
  9. Kabupaten Bone. Menduduki posisi kesembilan, Bone memiliki persentase penduduk miskin mencapai 10,58 persen. Adapun jumlah penduduk miskin di Bone yakni 80,34 ribu jiwa.

Berdasarkan data survey BPS maka perlu menjadi perhatian khusus bagi daerah-daerah yang masuk daftar termiskin di Sulsel. Perlu menjadi perhatian serius dari Pemerintah Daerah masing-masing untuk mengurangi tingkat kemiskinan di daerahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *