Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Tips Motivasi Menulis Skripsi Agar Cepat Menjadi Sarjana

Doc.Pic_Pixabay

Mewarta.Com, Makassar– Mendapatkan gelar sarjana adalah impian banyak orang saat ini,titel merupakan simbol orang berpendidikan.Namun tidak sedikit orang ketika menjadi mahasiswa susah masuk universitas namun lebih susah lagi keluarnya karena diwajibkan menulis karya tulis ilmiah skripsi sebagai syarat mendapatkan gelar kesarjanaan. berikut ini tips mudah menjadi sarjana:

1.Temukan Masalah

Sebelum anda menentukan pilihan judul skripsi yang ingin dijadikan tugas akhir maka sebaiknya carilah dulu masalah yang terjadi atau yang lagi trending di perbincangkan, sebab dari adanya permasalahan itulah, anda hadir untuk meneliti kemudian menyimpulkan dan memberikan solusi bagi dunia pendidikan dan masyarakat luas tentunya. Sebab esensi dari lahirnya karya tulis ilmiah sebenarnya adalah asas kebermanfaatan setelah skripsi itu selesai di persentasekan. Dengan adanya asas manfaat ini akan menjadi ladang amal jariyah dan keberuntungan bagi anda ketika hasil penelitian anda digunakan oleh orang atau lembaga tertentu.

2.Adakan Riset Ke Perpustakaan

Setelah menemukan permasalahan yang ingin di angkat menjadi karya tulis ilmiah maka langkah selanjutnya adalah adakanlah kunjungan ke perpustakaan untuk mencari referensi pendukung terhadap permasalahan yang ingin dijadikan karya tulis ilmiah. Referensi yang dimaksud adalah carilah buku,jurnal,dan penelitian terdahulu yang relevan dengan permasalahan yang ingin anda jadikan karya tulis ilmiah. Ingat, jangan jadikan artikel yang tidak jelas di om google sebagai referensi. Boleh mengambil referensi di om google tapi sumbernya harus jelas dan akurat.
3.Siapkan 3 Judul Skripsi yang Ingin Anda Teliti
Ketika menemukan masalah di kehidupan sehari-hari, jangan hanya berfokus pada satu masalah saja tapi carilah minimal 3 masalah yang menarik buat anda untuk dijadikan karya tulis ilmiah. Carilah dan pilihlah 3 judul skripsi yang akan anda akan ajukan untuk diteliti tapi pastikan ketiganya memang menarik minat anda untuk diteliti. Ketika anda mengajukan tiga judul ke jurusan maka otomatis hanya satu nantinya yang akan dipilih oleh pihak jurusan Anda, maka bagaimana dengan dua judul yang ditolak?Jangan pelit bagikanlah dua judul tersebut keteman anda yang belum memiliki judul untuk dijadikan karya tulis ilmiah. Syukur jika ada yang ambil dan diterima maka anda menjadi teman yang akan dikenang sepanjang masa karena berkat bantuanmu teman anda bisa menjadi sarjana dengan menggunakan judul skripsi dari kamu. Ini juga akan menjadi ladang pahala buat Anda. Berbagilah!!! Jangan pelit dan mau menjadi sarjana sendirian.

4.Konsultasi dengan dosen Penasehat Akademik

Sebelum mengajukan judul ke jurusan konsultasikan dulu judul yang ingin anda ajukan ke Dosen penasehat akademik anda. Sebab mereka adalah pengganti orang tua layaknya ibu dan ayah ketika dirumah masing-masing. Semua persoalan akademik wajib untuk anda konsultasi dengan dosen penasehat anda sebab mereka adalah orang tuamu di dunia kampus.

5.Buat Timeline 

Setelah judul anda diterima dan disahkan oleh jurusan, maka langkah selanjutnya adalah buatlah timeline, serangkaian rencana kegiatan yang akan anda lakukan agar skripsi anda tidak berhenti di judul saja maka buatlah serangkaian rencana dan target penyelesaian, seperti pada bulan pertama selesaikan bab 1, bulan kedua selesaikan bab 2, bulan ketiga selesaikan bab 3, bulan keempat selesaikan bab 4 dan bulan kelima selesaikan bab 5, bulan keenam ujian dan anda menjadi sarjana. Jika Anda tidak memiliki timeline anda susah untuk mengontrol perkembangan skripsi Anda. Waktu ideal pengerjaan Skripsi hanya 1 semester yaitu 6 bulan. Lewat dari itu maka anda tidak ideal.
6.Sharing dengan Teman Kuliah
Jangan malu untuk sekedar sharing gagasan dan bertanya kepada teman anda, misalnya carilah teman kuliah yang memiliki judul skripsi yang mirip dengan judul skripsimu maka otomatis dikajian teori kalian bisa saling tukar referensi. Manfaatkanlah kedekatan anda dengan para senior anda dikampus baik sebagai senior organisasi ataupun senior sesama jurusan. Sebab namanya senior pasti makan garamnya pasti lebih banyak dari yunior. Jangan menjadi yunior yang belagu, sok pintar, semua orang pintar pada porsinya yang membedakan adalah pengalaman. Jangan malu bertanya pada senior anda.
7.Ikut Bimbingan Penelitian
Selain bimbingan dengan pembimbing reguler dikampus maka ada baiknya juga carilah mentor atau lembaga bimbingan penelitian yang bisa memperkaya pengetahuan dan membantu anda dalam tahap proses penyelesaian skripsi anda. Sebab tidak bisa dipungkiri terkadang kesibukan dosen pembimbing menjadi faktor penyebab skripsi anda terhambat, dengan adanya mentor selain dosen pembimbing maka kesibukan dosen pembimbing bisa tergantikan dengan hadirnya mentor tersebut. Namun ketika anda mengikuti bimbingan penelitian disuatu lembaga pastinya ada cost tambahan, akan tetapi janganlah menjadi mahasiswa pelit untuk diri anda sendiri sebab ini untuk kemajuan dan masa depan anda nantinya. Tidak rumit, dan tidak harus minta sama orangtua kalau hanya cost tambahan untuk anda bimbingan, seperti, pintarlah menyisihkan uang jajan anda misalnya 50.000/ bulan dari semester 1 sampai semester 6 misalnya. Anda bayangkan sendiri berapa tabungan anda yang terkumpul? Bukan hanya cost bimbel yang tertutupi tapi juga cost lain. Cara ini bisa anda gunakan untuk membantu keuangan orang tua anda ketika kamu belum memiliki pekerjaan atau masih berstatus mahasiswa.

8.Jangan Menunda

Ketika selesai bimbingan skripsi di Dosen pembimbing maka segera kerjakan perbaikan dari coretan, masukan pembimbing untuk perbaikan skripsi anda. Jangan menunda, sebab ketika anda menunda ini akan menjadi kebiasaan buruk dan akan berdampak pada tahap penyelesaian skripsi anda.

9.Buah Tangan

Bangunlah chemistry dan keakraban dengan dosen pembimbing anda. Jangan menjadi mahasiswa yang pada saat butuh baru anda menampakkan batang hidung dihadapan pembimbing anda. Misalnya ketika anda berada dikampus datanglah keruangan dosen sekedar say hay dan silaturahmi dengan dosen pembimbing anda. Datanglah salaman,dan jangan lupa juga berdoa untuk kesehatan pembimbing anda sebab ketika kesehatan pembimbing terganggu maka ini akan berdampak juga ke tahap bimbingan skripsimu. Sesekali ketika anda baru pulang kampung maka bawalah sedikit ole-ole khas daerah anda untuk dosen pembimbing, bukan bermaksud menyogok tapi hanya membangun silaturahmi agar terbangun konektivitas antara dosen dan mahasiswanya. Salaman, doa, dan ole-ole, kesemuanya itu adalah buah tangan yang menjadi faktor eksternal kesuksesan anda.

10.Minta Restu Sama Orang Tua

Mintalah restu setiap saat kepada orang tua anda, kapan saja sebab doa dan ridho orang tua adalah kunci kesuksesan anda. Jangan jadi anak durhaka dan tidak tau diri. Jangan mengkhianati orangtua anda dikampung halaman.orangtua susah payah mencari biaya kuliah untuk anaknya lantas anda hidup foya-foya dikota. Jangan lakukan itu, itu perilaku buruk dan akan berdampak pada kesuksesan anda.

11.Berdoa

Bangunlah konektivitas secara vertikal. Hubungan anda dengan orang tua, dosen pembimbing, teman kuliah, senior dikampus, kesemuanya itu adalah hubungan horizontal. Dan jangan lupa bangun hubungan vertikal antara dirimu dan Tuhanmu. Bagaimana caranya?dengan rajin berdoa disetiap aktivitas Anda. Sebab tidak ada kesuksesan tanpa campur tangan Sang Pencipta, itu mustahil.
Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk memuluskan langkahnya menuju Sarjana.
Penulis: LebahEditor: Ika RD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *