Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Pengalaman Adalah Ilmu Terbaik

Pengalaman hidup
Pengalaman hidup

Mewarta.com, Makassar- Pengalaman adalah ilmu terbaik. Pengalaman merupakan suatu perjalanan masa lalu yang pernah dialami dan dirasakan oleh semua orang. Tetapi, sebagian dari kita tidak banyak yang dapat belajar dari pengalaman yang mereka lalui, sehingga kesalahan yang pernah terjadi pun dapat terulang kembali.

“Belajarlah dari kesalahan, jangan terjatuh di lubang yang sama dua kali.”

Sesungguhnya orang mukmin yang cerdas adalah ia tidak akan mengulangi kesalahan yang dilakukan untuk kedua kalinya. Jika ia melakukan kesalahan yang sama, maka ia termasuk orang mukmin yang merugi. Ia tidak bisa mengambil pelajaran dari pengalaman pahit yang pernah di alami.

Itulah mengapa suatu pengalaman merupakan ilmu terbaik bagi setiap manusia. Sehingga kita haruslah pintar-pintar untuk mengambil pelajaran dari pengalaman apa yang telah kita lalui. Dengan begitu kita tidak akan mudah terjatuh dalam lubang kesalahan yang sama dan kita dapat menjadi lebih baik untuk kedepannya.

Belajar tidak perlu duduk di bangku pendidikan. Kita dapat banyak mengambil pelajaran dari pengalaman yang telah kita lalui. Belajar dari pengalaman sama artinya dengan belajar memaknai hidup dengan mempelajari dan mengambil hikmah dari kejadian atau peristiwa yang telah kita alami. Apapun yang kita kerjakan hari ini akan menjadi pengalaman di kemudian hari. Apapun yang kita kerjakan hari ini akan menjadi guru yang paling berharga.

Pengalaman juga akan membuat kita menjadi lebih berhati-hati dalam menentukan sesuatu, sehingga kita akan memperoleh kemajuan dan hasil yang lebih baik kedepannya. Dengan adanya pengalaman pasti akan membuat kita lebih giat dalam berlajar dan memberikan rasa tanggung jawab yang besar terhadap diri kita sendiri. Pengalaman juga merupakan salah satu bentuk pendewasaan diri.

“Belajar dari pengalaman adalah fakultas yang hampir tidak pernah dipraktikkan.” – Barbara W. Tuchman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *