Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Memiliki Rasa Malu Boleh! Tapi Jangan Merasa Malu Karena Beberapa Hal Ini

Docpict_pixabay

Mewarta.com, Makassar- Setiap orang pastinya memiliki rasa malu terhadap dirinya sendiri, namun rasa malu bisa kalian tempatkan pada tempatnya yah. Karena sejatinya seseorang juga tidak selamanya untuk merasa malu dengan hal-hal tertentu. Dan jika kalian hanya akan merasa malu yang terus-menerus maka itu juga tidak bisa membuat kalian berkembang atau mencapai apa yang kalian inginkan, karena banyak orang yang diluar sana melakukannya dengan rasa percaya diri tanpa harus memiliki rasa malu tersebut namun ingat bahwa tempatkan rasa malu pada tempatnya sendiri, dan berikut ini adalah hal-hal yang tidak perlu kalian khawatirkan untuk diri kalian.

Dikutib dari channel youtube Merry Riana (2021 Masih malu karena hal ini? Stop sekarang juga yaa! Motivasi Merry), bahwa hal yang pertama yang tidak boleh merasa malu adalah pekerjaan kalian. Karena sesungguhnya semua pekerjaan adalah baik, dan kalian tidak perlu malu jika sedang ditanya oleh orang lain, bahwa apa pekerjaanmu? Jangan malu mengatakan bahwa kalian adalah karyawan biasa yang gajinya tidak seberapa dibandingkan dengan gaji kamu, maka kalian harus dengan percaya diri menjawabnya bahwa kalian seorang karyawan dan kalian bahagia dan enjoy dengan pekerjaan tersebut. Jangan pernah untuk memperdulikan apa yang dikatakan orang lain terhadap kalian dan bersikaplah biasa-biasa saja dalam menghadapinya. “Justru malulah saat kamu malas bekerja, malulah kalau kamu tidak berbuat apa-apa apalagi jika harus menyusahkan orang tua, itu yang harusnya membuat kamu malu” di lanjutkan lagi “ingat ya jangan malu akan pekerjaan yang belum sempurna tapi malulah kalau kamu hanya rebahan dan tidak melakukan apa-apa”

Hal yang kedua yaitu masa lalu, jangan malu dengan masa lalu kalian yang pernah kalian lakukan karena semua orang juga memiliki masa lalu yang baik itu buruk ataupun baik sekalipun. Namun jangan pernah malu dengan masa lalu kalian karena tidak lagi hidup di masa lalu melainkan kalian hidup dimasa kini atau masa sekarang yang pastinya sudah sangat berbeda dari masa lalu kalian. Justru kalian harus malu jika selalu mengenang keburukan kalian di masa lalu, akan tetapi masa lalu itu bisa kalian jadikan pembelajaran dan jika tidak ada masa lalu yang pernah kalian lewati maka kalian tidak akan ada sampai hari ini. “Ingat ya masa lalu memang enggak akan pernah bisa kembali tapi masa lalu bisa menjadi alasan untuk kamu berjuang hari ini”.

Ketiga, yaitu harta milikmu. Pastinya kalian pernah berpikir jika melihat teman-teman kalian beli barang sesukanya dan dia mampu melakukannya sedangkan dirimu tidak mampu untuk membeli barang impian kalian. Atau bahkan kalian pernah mengatakan bahwa mereka lebih kaya dari kamu, lebih cantik dari kamu atau lebih ganteng dari kamu, maka berhentilah untuk mengatakannya dari sekarang. Jangan pernah merasa malu jika kalian miskin atau tidak punya apa-apa karena apa yang ada pada diri kalian sekarang adalah bntuk jerih payah kalian sendiri. Dan kalian harus malu jika merasa pura-pura kaya padahal kenyataannya tidak demikian.

Keempat, keluarga. Manusia sesungguhnya tidak ada yang sempurna, jangan menganggap semua keluarga bisa harmonis, dan jika suatu ketika kalian melihat keluarga mereka harmonis dan kalian mulai berpikir bahwa kenapa keluargaku tidak seharmonis keluarga mereka, maka berhentilah dengan pemikiran seperti itu karena kalian bisa ada dan bisa seperti saat ini, itu semua adalah berasal dari keluarga kalian sendiri dan tentunya bukan dari keluarga orang lain. Jadi jangan pernah malu jika keluarga kalian hanya orang yang biasa-biasa saja. Bersyukurlah kepada Tuhan karena masih bisa memberikan kalian keluarga karena banyak diluar sana ingin memiliki keluarga namun tidak seberuntung diri kalian.

Kelima, kesederhanaanmu. “ingat yang malu itu bukan hidup sederhana, tapi yang malu itu hidup mewah tapi maksa”. Jadi kebahagiaan yang bisa kalian temukan dan rasakan dalam hati kalian bukan dari kemewahan diri kalian melainkan itu bisa di dapatkan dari kesederhanaan kalian dalam menghadapi hidup kalian. Jadi tidak perlu merasa malu hidup sederhana.

Nah itulah hal yang bisa kalian hindari atau berhenti untuk merasa malu, karena hidup kalian sungguh bermakna dan segala sesuatunya tidak harus hidup dengan rasa malu. Jadi mulai dari sekarang berhentilah mnegeluh dan cobalah untuk bangkit dari hal-hal buruk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *