Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Kebiasaan Kecil yang Bisa Dibangun di Bulan Ramadhan

Mewarta.com, Motivasi- Bulan ramadhan mewajibkan semua umat Muslim untuk melakukan puasa dan di sunnahkan untuk melakukan amalan-amalan yang lainnya misalnya membaca al-quran, mengerjakan sholat sunnah dan melakukan amalan-amalan lainnya yang dapat bernilai pahala di sisi Allah swt. hadirnya bulan ramadhan adalah momen yang mengajarkan kita semua untuk lebih meningkatkan kualitas diri seseorang dan memperbanyak melakukan amal saleh karena bulan ramadhan adalah bulan mulia dan semua pahala akan dilipatgandakan. Selain mengajarkan kita untuk melakukan amalan-amalan, maka bulan ramadhan juga bisa membangun potensi-potensi yang baik sehingga bisa dilakukan di bulan-bulan berikutnya karena bulan ramadhan adalah momentum untuk terus melakukan pengulangan-pengulangan secara konsisten setiap harinya, dan berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang dibangun dalam bulan ramadhan.

1.Bisa Mengatur Pola Makan

Berpuasa mengajarkan kita untuk mengatur pola makan setiap harinya, dalam 12 bulan maka terdapat satu bulan yang bisa mengatur pola makan kita yaitu di bulan ramadhan. Bulan ramadhan mengajarkan untuk mengatur ritme dan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dari waktu sahur hingga sampai ke waktu berbuka, dengan begitu tubuh akan lebih teratur untuk mencerna asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Kemudian hal tersebut bisa juga kalian lakukan di bulan yang lainnya, tetap mengatur pola makan agar tubuh lebih teratur untuk mencernanya dan tubuh kalian akan tetap sehat.

2.Berolahraga

Kebiasaan melakukan olahraga di pagi hari sangat penting bagi kalian untuk menghidari tidur jika selesai sholat shubuh. Hal ini sangat lumrah didapatkan ketika bulan ramadhan jika selesai melakukan sholat shubuh maka ia melanjutkan tidurnya dengan berbagai alasan yang misalnya mengantuk karena terlalu cepat untuk bangun sahur. Namun untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya melakukan olahraga pagi agar badan tetap sehat dan kuat untuk menjalankan ibadah puasa. Olahraga di sore hari juga boleh kalian lakukan sambil menunggu berbuka puasa, dengan kebiasaan-kebiasaan itu yang kalian lakukan di bulan ramadhan maka di bulan-bulan yang lainnya kalian juga bisa melanjutkan kegiatan olahraga rutin tersebut.

3.Menulis dan Membaca

Kebiasaan selanjutnya yang bisa kalian lakukan di bulan ramadhan ialah menulis dan membaca buku. Adanya waktu kosong yang lebih banyak di bandingkan di bulan-bulan yang lainnya, maka kalian bisa memanfaatkannya dengan baik. Melakukan hal yang bermanfaat, misalnya selesai makan sahur jangan langsung melanjutkan tidur tapi manfaatkan waktu tersebut dengan baik misalnya menulis dan membaca, kemudian kalian juga bisa melakukannya ketika selesai sholat shubuh. Rutinkan menulis walaupun satu jam saja, dan jika rutin setiap harinya maka tidak terasa tulisan kalian akan banyak, sama halnya dengan membaca buku ketika selesai sholat shubuh, jangan juga terlalu fokus untuk menyelesaikan satu buah buku setiap harinya akan tetapi cukup membaca 5-10 lembar setiap hari dan itu akan menjadi kebiasaan yang baik dan kalian juga akan terbiasa di bulan-bulan yang lainnya.

Itulah 3 kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan di bulan ramadhan namun bisa juga jadi kebiasaan yang baik di bulan-bulan yang lainnya. Manfaatkan segala waktu kosong yang kalian miliki dengan melakukan hal yang bermanfaat karena waktu tersebut tidak akan pernah terulang dikemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *