Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Belajar Sifat Terpuji Dari Sang Semut

Docpic_pixabay: Semut

Mewarta.com, Makassar- Siapa yang tidak mengenal semut, dimana semut adalah hewan kecil yang hidup liar di hutan, kebun-kebun, batang pohon, dedaunan hingga di sekitar rumah kalian juga terdapat berbagai macam semut. Semut juga sangat beragam dan kadang juga ada yang semut ketika sedang tersentuh di kulit manusia itu akan terasa sakit dan adapula semut yang jika menyentuh kulit manusia maka akan baik-baik saja. Sifat semut juga sangat pekerja keras dalam mendapatkan sesuatu dan sifat semut yang lainnya adalah sangat pantang menyerah terhadap apa yang belum di dapatkannya, sehingga mereka selalu berusaha agar apa yang diharapkan bisa di dapat dan tidak lupa untuk saling berbagi bersama dengan teman-temannya. Selain dari sifat-sifat semua diatas, maka berikut ini adalah sifat semut yang lainnya yang bisa jadi pembelajaran untuk manusia:

Selalu mengedepankan kerja sama, semut ketika sedang berjuang untuk mendapatkan makanan maka pastinya akan mengedepankan kerja sama agar makanan yang di dapatkannya dapat di bagi dengan teman-temannya yang lain. Dan cobalah lihat dari semut-semut itu, mereka tidak kerja untuk sendiri-sendiri melainkan karja sama yang selalu dibangunnya membuat semua manjadi ringan dan bisa saling berbagi. Begitupun dengan kalian semua, maka dimanapun kalian berada maka tanamkanlah sifat kerja sama diantara sesama teman kalian, karena dengan mengedepankan kerja sama maka segala sesuatunya menjadi lebih ringan dan tentunya akan lebih mudah lagi.

Tidak egois dan selalu berbagi, sifat semut yang lainnya ialah memiliki sifat tidak egois dan sifat selalu berbagi antara yang satu dan lainnya. Jika semut sedang mendapatkan makanan maka semut dan teman-temannya akan saling berbagi dan walapun makanan yang didapatkannya sedikit tapi tidak ada rasa saling egois antara yang satu dan yang lainnya. Jadi bukan hanya semut yah bisa memiliki sifat tersebut akan tetapi kalian juga bisa memilikinya, yaitu sifat tidak egois dan sifat selalu berbagi. Karena jika kalian memiliki sifat egois tersebut maka bisa jadi teman-teman kalian akan menjauhi kalian karena sifat egois yang kalian miliki, kemudian sifat selalu berbagi yang seseorang miliki maka itu akan lebih baik karena saling berbagi sesama kalian adalah hal yang tidak membuat kalian rugi dan tidak akan membuat seseorang untuk kekurangan.

Pantang untuk menyerah dan selalu mencari jalan, sifat semut yang selanjutnya ialah tidak pantang menyerah dan selalu mencari jalan yang pastinya tidak membuatnya kesusahan dan mencari jalan yang lebih ringan untuk mereka lalui. Lihatlah semut yang berusaha untuk mendapatkan sesuatu maka tidak akan merasa menyerah sebelum mendapatkan apa yang di inginkannya. Dan kalian juga tidak ada salahnya untuk memiliki sifat dari semut tersebut, karena jika mengharapkan sesuatu untuk di dapatkan maka perlu perjuangan dan tentunya sifat tidak pantang menyerah dan tentunya mencari jalan terbaik yang bisa benar-benar sampai ke harapan kalian. Contohnya saja jika kalian sedang berjuang untuk menyelesaikan tugas akhir kalian di kampus atau skripsi, maka selain dari sifat keuletan dalam mengerjakan skripsi maka sifat pantang menyerah juga harus tertanam dalam diri kalian, dan tentunya nikmati setiap proses yang kalian lalui karena pada akhirnya itu akan jadi cerita indah di masa depan kalian.

Tidak ada semut yang berleha-leha atau berjalan dengan gontai, jika kalian melihat semut-semut yang sedang berjalan maka semut tersebut tidak ada yang berjalan gontai atau berjalan berleha-leha. Karena mereka punya tujuan yang ingin dicapai dan jika berjalannya saja gontai maka akan sulit mendapatkannya. Begitupula dengan kalian, janganlah pernah berleha-leha dalam kehidupan kalian karena pada dasarnya juga kalian memiliki tujuan yang hendak kalian capai dan bukankah ketika berleha-leha maka mungkin kalian akan mendapatkannya akan tetapi bisa saja agak lama sementara banyak hal yang ingin kalian capai untuk selanjut-selanjutnya dalam kehidupan kalian.

Fokus dan pekerja keras, sifat selanjutnya dari semut ialah fokus dan pekerja keras yang jika kalian lihat maka fokus untuk mendapatkan makanan selalu terselip dalam dirinya dan tentunya selain fokus maka di barengi dengan sifat pekerja keras tersebut. Dan tentunya bukan hanya semut yang bisa memiliki sifat tersebut melainkan kalian juga bisa untuk memiliki sifat tersebut karena dengan memiliki sifat pekerja keras dan tetap fokus pada tujuan maka itu akan lebih mudah lagi untuk meraihnya, kerja keras memang sangat di butuhkan karena semua membutuhkan tenaga dan pikiran serta dukungan dari dalam diri kalian.

Selalu bertegur sapa, semut juga selalu bertegur sapa dengan sesamanya, karena tidak ada salahnya untuk saling bertegur sapa, bertegur sapa juga tidak akan mengurangi makanan yang akan di dapatkannya melainkan dengan bertegur sapa maka akan lebih mudah untuk mendapatkannya. Sama halnya dengan kalian, jika sedang di suatu tempat yang bahkan kalian adalah orang baru di tempat tersebut maka tidak ada salahnya untuk bertegur sapa dengan seseorang yang baru kalian temui akan tetapi dengan catatan tidak sok akrab dengan seseorang yang baru kalian temui tersebut karena bisa saja orang yang baru ditemui itu menjadi risih dan pastinya tidak akan lagi melanjutkan sapaan kalian terhadapnya.

Nah itulah beberapa dari sifat semut yang bisa dijadikan pembelajaran dalam kehidupan, karena dalam kehidupan ini memang semua butuh perjuangan dan kerja keras untuk mendapatkan segala sesuatu yang kalian inginkan, terlebih lagi jika kalian ingin membahagiakan diri kalian dan tentunya membahagiakan orang-orang yang ada di sekitar kalian.

“Fokus, Pantang Menyerah, Mencari Jalan yang Terbaik, Tidak Egois dan Selalu Berbagi Adalah Kunci Sukses yang Bisa Kalian Terapkan dalam Kehidupan…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *