Kampus  

Mahasiswa dan Dosen PGMI Lakukan PKM di MI Madani Alauddin Pao-Pao

Gowa, Mewarta.com–Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan UIN Alauddin Makassar melakukan Pengabdian kepada Masyarakat berupa simulasi praktik menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan berupa media literasi, di MI Madani Alauddin Pao-Poa Kabupaten Gowa, Sabtu 26 November 2022.

Kegiatan simulasi praktik penggunaan media literasi ini melibatkan 32 orang mahasiswa yang dibagi ke dalam 8 kelompok,  merupakan mahasiswa semester III. Media yang dikembangkan berupa Media Papan Baca,  Papan Ular Tangga, Kantong Misteri, Papan Pantun, Kartu Huruf dan Angka, Spin, Cow Word, Pojok Menulis, merupakan tugas  project based learning (PjbL) Mata Kuliah Literasi kelas Awal yang diampu Dr. Andi Halimah, M.Pd. Media tersebut dirancang untuk memfasilitasi keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara untuk kelas 1,2, dan 4 jenjang SD/MI.

Andi Halimah selaku dosen pengampu  berharap dari tugas PJbl tersebut dapat memberi pengalaman kepada mahasiswa terkait media yang mampu menstimulasi siswa dalam pembelajaran.

“Pemilihan MI Madani sebagai lokasi simulasi praktik penggunaan media, diharapkan mahasiswa sedini mungkin mengenal kelas sesungguhnya dan cara mengelola pembelajaran dengan efektif,”katanya.

Di tahap akhir praktik dilakukan refleksi terkait  tanggapan siswa, guru, dan mahasiswa terkait pengalaman mereka menggunakan media yang mereka kembangkan.

Dari siswa sangat antusias belajar menggunakan media yang berbeda yang digunakan gurunya sebelumnya. Dari pihak mahasiswa mendapatkan pengalaman dinamika mengelola pembelajaran, dan pihak guru merespons baik media literasi yang dikembangkan oleh mahasiswa dan memberikan masukan terkait kekurangan dan kelebihan media tersebut.

Pihak Kepala Madrasah Bapak Abu Bakar S.Pd., M.Pd mengapresiasi  praktik tersebut dan berharap kegiatan serupa bisa terlaksana sesering mungkin untuk mendekatkan mahasiswa calon guru kepada dunia mengajar yang sesungguhnya.

“Kami dari pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan praktik ini dan kedepannya kami berharap kegiatan serupa terlaksana lagi,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *