Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Tips Mengerjakan Tugas Kuliah Agar Tidak Menumpuk Di Akhir Waktu

Gambar Ilustrasi

Mewarta.Com, Makassar–Tugas sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Tugas juga biasanya datang tak diduga, dan bahkan jumlahnya tidak sedikit. Hal itu biasa membuat beban pikiran bagi mahasiswa, apalagi mahasiswa yang suka menunda-nunda pekerjaannya. Namun banyak cara yang dapat dilakukan agar tugas tidak menumpuk. Dengan tips tertentu, tugas yang menumpuk bisa diuraikan agar tidak menumpuk, bahkan menjadi ringan.

Berikut tips yang dapat Anda terapkan:

1. Jangan pernah menunda-nunda
Dalam hal ini, jangan pernah menunda-nunda waktu pekerjaan tugas. Jika setelah selesai perkuliahan dan ada jam kosong, maka luangkan waktu Anda untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh dosen, jika tidak sempat maka kerjakanlah pada malam harinya.

Sekali Anda menundanya, bisa jadi itu akan menjadi kebiasaan yang buruk kedepannya bagi Anda.

2. Prioritaskan yang deadlinennya paling dekat
Jika tugas Anda banyak dan bingung ingin mengerjakan yang mana terlebih dahulu, maka lihatlah tugas yang paling dekat deadline-nya dan prioritaskan yang itu.

3. Fokus pada satu tugas
Jangan pernah mengerjakan dua tugas dalam satu waktu. Hal tersebut akan membuat konsentrasi Anda menjadi terpecah, sehingga tugas yang dihasilkan menjadi tidak efektif. Fokuskan hanya pada satu tugas tertentu dalam satu waktu itu, maka akan membuat tugas yang dihasilkan menjadi lebih rapi dan cepat selesai.

4. Manfaatkan waktu luang
Waktu itu sangat penting, jadi manfaatkan waktu Anda sebaik mungkin. Jikalau Anda memiliki waktu kosong, dari pada hanya Anda gunakan untuk rebahan, nongkrong, atau bermain Hp, lebih baik gunakan waktu kosong Anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang masih tersisa, sehingga dengan itu tigas Anda akan berkurang sedikit demi sedikit dan mengurangi beban pikiran Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar tugas tidak menumpuk dan menjadi beban pikiran.

Penulis: LafranEditor: Lafran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *