Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Benda Yang Tidak Perlu Dibawa Saat Mendaki Gunung, Perhatikan Jika Anda Pendaki Sejati

DocPict_Pixabay

Mewarta.Com, Makassar–Mendaki gunung pada hakikatnya harus mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan nanti pada saat di perjalanan ataupun sudah sampai di puncak gunung. Sebelum kalian mendaki gunung, hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu ialah fisik, mental, izin orang tua, pengetahuan tentang gunung yang akan kalian daki dan tentunya hal yang paling adalah alat yang akan digunakan saat mendaki gunung. Alat-alat tersebut digunakan untuk keperluan pribadi maupun keperluan teman-teman kalian, akan tetapi kadang hal yang perlu dibawa saat mendaki gunung menurut kalian penting tapi seharusnya tidak perlu untuk membawanya. Nah ini beberapa alat yang perlu kalian ketahui di saat mendaki gunung tidak perlu membawa alat tersebut:

Tissue basah, di gunung kadang kala kalian membawa tissue basah untuk membersihkan dari segala macam kotoran ataupun hal lainnya, akan tetapi dengan menggunakan tissue basah ini akan sangat sulit terurai sehingga jika kalian membuang tissue basah sembarangan, maka prosesnya akan lama terurai ditanah sehingga di gunung akan semakin banyak sampah yang berserahkan salah satunya tissue basah tersebut. Oleh karena itu hal ini mungkin perlu kalian bawa ke gunung akan tetapi sebaiknya hindarilah membawa tissue basah ke gunung dengan cara menggantinya dengan tissue kering saja. Tapi, jika tissue kering juga mudah terurai ditanah janganlah juga membuang sampah digunung secara sembarangan dan tetaplah membawa sampah kalian turun dari gunung.

Kantong plastik, hal penting lainnya yang biasa kalian bawa ke gunung ialah kantong plastik. Kantong plastik sangat penting untuk di bawa untuk menghindari pakaian atau peralatan yang lainnya basah akibat hujan yang tiba-tiba turun, akan tetapi bawalah kantong plastik satu atau cukup dua saja, dan tidak perlu untuk membawa kantong plastik yang berlebihan karena ini akan menjadi sampah dan plastik juga sangat sulit untuk terurai di dalam tanah, jika hal tersebut terjadi maka akan semakin banyak sampah di gunung dan pastinya akan merusak lingkungan. Tetaplah selalu menjaga kebersihan di gunung dengan tidak menambah membuang sampah-sampah kantong plastik tersebut agar tanah tidak tercemar dan kalian juga menikmati keindahan alam semesta tanpa harus merusak lingkungan.

Pakaian yang berlebih, bagi pemula yang kebanyakan juga dari wanita jika ingin mendaki gunung maka banyak hal yang perlu ia persiapkan, terutama perlengkapan pribadi bagi wanita tersebut. Hal yang membuat seseorang sering sekali terlihat cepat lelah ialah dengan barang bawaan yang terlalu banyak dan pada akhirnya tidak akan terpakai juga. Contohnya bagi seorang wanita ialah pakaian yang berlebih, karena jika seseorang sedang packing maka berlembar-lembar pakaian yang akan dibawanya dan itu akan membuatnya cepat lelah sendiri. Sebaiknya juga membawa pakaian secukupnya saja dan tidak perlu membawa pakaian yang kainnya agak berat karena semakin menambah beban.

Alat mandi, hal penting lainnya yang tidak akan pernah tertinggal bagi seorang wanita ialah alat mandi. Dimanapun kalian berada alat mandi selalu penting untuk dibawa apalagi jika bermalam diluar rumah dua hari dua malam berturut-turut maka alat mandi tidak akan pernah untuk terlepas. Akan tetapi hal ini sudah tidak berguna lagi karena di gunung sudah tidak diperlukan yang namanya alat mandi lagi. Karena di gunung juga walaupun banyak air akan tetapi bagi kalian juga tidak akan bisa mandi, selain cuaca dan airnya juga di gunung lebih dingin hal lainnya yaitu jika sedang mandi di sungai pegunungan maka air mandi yang kalian gunakan akan mengalir sampai ke desa-desa dan itu akan merusak kualitas air tersebut. Alat mandi tersebut tidak dianjurkan untuk kalian bawa untuk ke gunung akan tetapi jika kalian tidak bisa terlepas dari sabun cuci muka maka boleh-boleh saja untuk membawanya dengan catatan juga kalian tetap tidak boleh untuk mencuci muka di air yang mengalir, tapi ambillah air dan menggunakan sabun cuci muka agak jauh dari aliran air tersebut. Nah itulah hal yang perlu kalian saat ingin mendaki gunung.

Penulis: Ika RDEditor: Ika RD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *