Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Tips Donor Darah Saat Bulan Ramadhan

Tips Donor Darah
Docpict_pixabay:Ilustrasi Donor Darah

Mewarta.com, Makassar- Bulan ramadhan bukan penghalang bagi kalian yang ingin melakukan donor darah, karena salah satu amalan terbaik yang dilakukan ialah membantu orang lain dengan mendonorkan darah, baik itu donor darah pengganti ataupun donor darah secara sukarela. Bulan ramadhan tidak pernah pula jadi penghalang bagi petugas UTD untuk menerima pendonor darah, namun perlu dipahami bersama ketika ingin melakukan donor darah di bulan ramadhan maka ada beberapa tips yang harus kalian pahami sebelum melakukan donor darah tersebut, berikut ini tipsnya:

1.Penuhi Syarat sebagai pendonor. Persyaratan-persyaratan donor darah di bulan ramadhan sama halnya dengan persyaratan diluar bulan ramadhan, yaitu calon pendonor harus sehat jasmani dan rohani, berat badan minimal 45 kg, bagi wanita tidak sedang haid, tekanan sistolik dan diastolik, kadar hemoglobin tetap stabil dan berusia 17 sampai 60 tahun. Maka pada bulan ramadhan persyaratan tersebut tidak akan berubah sebelum kalian melakukan donor darah.

2. Sahur dan penuhi gizi harian sebelum donor darah. Calon pendonor juga tidak lupa untuk melakukan sahur terlebih dahulu ketika ingin donor darah karena tubuh harus memiliki asupan nutrisi yang baik bagi tubuh kalian, kemudian setelah memiliki asupan nutrisi yang baik maka kalian perlu memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan donor darah. Adapun waktu yang tepat untuk melakukan donor darah ialah menjelang buka puasa dan ketika selesai berbuka puasa atau setelah melakukan sholat tarwih. Biasanya seseorang akan merasa khawatir jika melakukan donor darah akan membuatnya merasa pusing, namun jika hal tersebut terjadi pada diri kalian maka pendonor dapat langsung mengonsumsi makanan dan minuman. Olehnya itu melakukan donor darah baik dilakukan ketika setelah berbuka puasa karena sudah ada makanan atau minuman yang masuk dalam tubuh kalian sehingga tidak lagi membuat kalian menjadi pusing.

3.Perbanyak minum air.Pendonor darah yang selesai mendonorkan darahnya maka disarankan juga untuk memperbanyak mengonsumsi air selama 3 hari berikutnya agar pemenuhan asupan cairan dalam tubuh akan terpenuhi setelah melakukan donor darah tersebut. Jadi tidak ada alasan bagi kalian yang ingin mendonorkan darah di bulan ramadhan, namun tetap memperhatikan persyaratan-persyaratan dari donor darah diatas. Tetaplah berbuat baik dan membantu orang lain dengan setetes darah kalian, karena itu akan menyelamatkan jiwa seseorang, membuat hati kalian menjadi tenang dan tentunya bernilai pahala disisi Allah swt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *