Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Tidur Berkualitas? Lakukan 5 Hal Ini

Docpict_pixabay

Mewarta.com, Makassar- Tidur nyenyak merupakan salah satu yang langka dalam kehidupan seseorang terlebih lagi kepada orang-orang yang penggila deadline. Karena salah satu yang bisa membuat seseorang untuk susah tidur ialah adanya deadline pekerjaan. Namun dirimu tidak perlu merasa khawatir jika sulit untuk tidur nyenyak karena ada beberapa hal yang bisa membuat tidur seseorang menjadi lebih berkualitas dalam kehidupan, yaitu;

1.Membiasakan Diri Untuk Selalu Hidup Sehat dengan Berolahraga Rutin

Olahraga memang sangat penting dalam kehidupan seseorang karena olahraga bisa membuat tubuh menjadi sehat sehingga tidur menjadi berkualitas. Mulai dari sekarang biasakanlah olahraga walaupun hanya sebantar, misalnya 15-30 menit saja. Sederhananya ialah melakukan pola hidup sehat dan secara perlahan ubah pola hidupmu menjadi lebih baik, dengan melakukan olahraga secara rutin maka tubuh akan lebih lelah dan rileks sehingga bisa membantumu untuk bisa lebih cepat untuk tidur dan kualitas tidur pun semakin nyenyak.

2.Sebisa Mungkin Jauhkan Gadged Sebelum Kalian Tidur

Bermain gadged boleh kalian lakukan sebelum tidur namun dirimu perlu membatasi waktu ketika ingin tidur di malam hari, karena cahaya gadged bisa membuat mata kalian tidak merasa ngantuk kemudian semakin lama dirimu memegang gadget maka semakin susah pula untuk melepaskannya sebelum kalian tidur. Cara yang bisa kalian lakukan ialah memberikan alarm untuk memegang gadged sebelum tidur, dirimu bisa memberi rentan waktu 15-30 menit untuk mengotak atik gadgedmu. Setelah itu berkomitmenlah untuk menjauhkan gadget dari jaungkauanmu.

3.Buatlah Lampu Kamarmu Menjadi Redup

Terkadang seseorang tidak bisa tidur jika lampu kamarnya ia matikan hingga kamar menjadi gelap gulita dan ada pula yang sebaliknya, namun cahaya lampu kamar yang terang bisa berpengaruh kepada kualitas tidur sehingga dirimu akan susah untuk tidur. Olehnya itu, buatlah lampu kamarmu menjadi redup agar kulitas tidur bisa meningkat. Jika tidak bisa tidur dengan lampu redup maka kalian bisa mencoba lampu kamar menjadi cahaya warna kuning karena cahaya kuning akan terasa lebih nyaman, hangat dan rileks dibandingkan cahaya putih pada lampu di kamarmu.

4.Jauhkan Segala Pikiran Yang Berat Sebelum Tidur

Melakukan pekerjaan memang tidak luput dari masalah, terlebih lagi bagi seseorang yang melakukan pekerjaan di kantor, namun masalah yang kalian hadapi di kantor tidak perlu kalian bawa pulang kerumah sehingga pikiranmu akan dipenuhi dengan masalah itu. Ketika dirimu telah sampai dirumah, sebisa mungkin buatlah dirimu rileks dan nyaman.Salah satu hal yang bisa kalian lakukan ialah membaca buku atau mendengarkan musik ringan agar sebelum tidur pikiran menjadi lebih tenang dan bisa meningkatkan kualitas tidurmu di malam hari.

5.Berpakaian Yang Longgar

Hal mendukung pula agar tidur seseorang bisa berkualitas ialah berpakaian yang longgar di malam hari. Pakaian yang longgar ketika di gunakan akan membuat tubuh lebih bebas untuk bergerak dan bisa membuat tubuh bernafas lega. Olehnya itu istrahatkanlah tubuhmu dengan menggunakan pakaian yang longgar agar kualitas tidur semakin meningkat karena pakaian yang kurang nyaman dan ketat yang digunakan pada malam hari akan membuat tubuh tidak bergerak secara bebas dan kulit pun tidak bernafas secara lega.

Hal-hal diatas bisa kalian lakukan jika menginginkan tidur menjadi lebih berkualitas. Ingatlah bahwa tubuh juga butuh istrahat yang cukup agar segala aktivitas bisa kalian lakukan dengan baik dan membuatmu nyaman. Jangan merusak kualitas tidur dengan hal-hal yang tidak bermanfaat karena akan merugikan dirimu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *