Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Sering Alami Kram Perut pada Saat Haid? Ini Tipsnya Agar Perut Kamu Tidak Kram Lagi

Doc.Pic_Pixabay

Mewarta.Com, Gowa–Kram perut bagi sebagian perempuan sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena kram perut terjadi pada saat datang bulan, disebut juga dengan haid ataupun mentruasi. Menstruasi ini terjadi setiap bulannya dan ada yang merasakannya di awal, tengah bahkan di akhir bulan, menstruasi terjadi karena sel telur atau darah tidak di buahi di dalam Rahim. Meskipun ini menandakan kesuburan bagi perempuan, akan tetapi kram dan nyerinya akan tetap terasa dan kadang membuat segala aktifitas terhenti karena tidak tahan dengan nyeri dan kram perut. Ada berbagai macam tips buat kalian yang sering mengalami nyeri atau kram perut, ini dia tipsnya.

1.Berolahraga

Setiap perempuan yang  merasakan haid atau menstruasi pasti akan terasa nyeri di bagian perut, akan tetapi bukan hanya di bagian perut yang kadang terasa, melainkan di bagian punggung, paha bahkan betispun akan terasa nyeri pada saat sedang haid. Tetapi hal lebih penting lainnya bukan pada saat hari pertama haidnya dan merasakan nyeri tersebut, melainkan dua hari ataupun satu hari pasti akan terasa nyeri tersebut. Nah untuk mengurangi rasa nyeri yang sering kali dirasakan, maka cara awal untuk menguranginya yaitu dengan banyak melakukan aktifitas fisik atau berolahraga. Cara ini bisa mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung, paha dan betis kalian.

2.Meletakkan kantong kompres

Nyeri haid yang terus-menerus akan membuat kalian menjadi kurang bersemangat lagi dalam melakukan aktifitas, hal tersebut pastinya sangat mengganggu, akan tetapi jangan bersedih tetap lanjutkan aktifitas kalian, dan jika kalian sudah tidak tahan lagi dengan rasa nyeri yang terus-menerus maka cobalah berbaring dan meletakkan kantong kompres yang di isi dengan air hangat. Cara ini bisa membuat kalian menjadi lebih nyaman dan dapat meredakan nyeri di perut kalian, hal ini jangan kalian lakukan cuma sesekali tetapi bisa melakukannya dengan berulang kali, misalnya pada malam hari jika kalian sudah mau tidur, ini akan membuat tidur kalian menjadi nyaman tanpa rasa nyeri lagi di perut kalian.

3.Minum rebusan jahe dan gula merah

Jahe bukan hanya sebagai bumbu dapur yang ibu kalian ataupun kalian sendiri biasa gunakan, akan tetapi selain bumbu dapur tersebut maka jahe juga sangat manjur dalam meredakan rasa nyeri di bagian perut, punggung, paha, dan betis kalian. Jahe dengan campuran sedikit gula merah yang di rebus kemudian air rebusan tersebut kalian minum, ini terbukti mampu meredakan nyeri haid tersebut.

4.Mandi air hangat

Rasa nyeri di bagian perut ketika sedang haid memang sangat tidak nyaman, dan ketika sedang haid maka akan muncul rasa emosi yang tidak bisa terkontrol, rasa malas yang berlebihan, bahkan mengerjakan sesuatu juga sangat sulit, itu semua terjadi dikarenakan rasa nyeri yang terus-menerus dan membuat kalian tidak ingin melakukan aktifitas apapun, akan tetapi bagi kalian yang sedang haid atau menstruasi cobalah untuk merubah semua itu, mandi air dingin mungkin sudah biasa atau sering bagi kalian, akan tetapi cobalah mandi dengan air hangat untuk mengurangi rasa nyeri di perut kalian. Sesekali panaskanlah air kemudian kalian mandi dengan air hangat itu, maka kalian menjadi lebih rileks dan otomatis akan mengurangi rasa nyeri yang ada di perut, punggung, paha dan betis kalian.

5.Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup memang sangat penting bagi kalian, dan bukan hanya pada saat kalian haid atau menstruasi untuk tetap banyak minum air putih, melainkan setiap hari cobalah untuk selalu minum air putih yang cukup. Jika kalian sedang haid, kalian banyak mengeluarkan cairan dan kekurangan cairan juga tidak baik bagi kesehatan kalian, maka dari itu rajinlah minum air putih untuk menambah cairan tersebut.

6.Mengurangi stress

Hal yang paling penting lainnya pada saat kalian sedang haid atau menstruasi ialah mengurangi stress, kenapa? Karena stress sangat besar pengaruhnya dengan siklus haid, jika kalian sedang stress maka siklus haid kalian menjadi tidak lancar dan kalian hanya bisa merasakan nyeri yang terus-menerus. Cobalah untuk tetap mengatur pikiran kalian dan sangat di anjurkan untuk mengurangi rasa stress tersebut. Rasa stres ini mungkin sebagian dari kalian sedang memikirkan kerjaan kalian yang telah berhari-hari dan belum selesai juga atau bahkan tugas kulaih kalian yang belum kelar-kelar, akan tetapi tetaplah bersikap positif dengan itu semua sehingga rasa stress semakin berkurang dan haid kalian juga menjdai semakin lancar.

Itulah kiat-kiat yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah untuk mengurangi rasa nyeri haid atau menstruasi yang mudah dan tentunya sangat aman bagi kalian lakukan. Tetap jaga kesehatan kalian sehingga tidak ada lagi urusan kalian yang tertunda hanya karena rasa nyeri yang kalian rasakan pada saat haid. Salam sehat untuk kalian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *