Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Pola Hidup Sehat Bagi Penderita Asam Lambung

DocPict_Pixabay

Mewarta.Com, Gowa–Penyakit asam lambung pada dasarnya adalah penyakit yang sering di alami oleh kebanyakan orang, baik itu orang tua, dewasa maupun anak-anak. Penyakit asam lambung ini terjadi karena adanya iritasi di bagian saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung serta pola hidup sehat tidak terjaga dengan baik. Orang-orang juga yang terlalu sibuk untuk bekerja sehingga membuat ia merasa lelah dan lupa untuk istrahat dan makan akan sangat rentan terkena penyakit asam lambungnya naik. Hal ini menyebabkan rasa mual, muntah, sulit untuk menelan, mulut jadi bau dan nyeri pada bagian ulu hati. Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mengobati penyakit asam lambung ini diantaranya berikut ini:

Mengatur pola hidup sehat, hal paling penting dalam hidup kalian adalah kesehatan karena jika kalian sakit maka akan menunda semua pekerjaan yang akan kalian lakukan dan pastinya segala aktifitas kalian akan terganggu jika sedang sakit. Mengatur pola hidup sehat adalah kunci utama bagi kalian, makan dengan makanan yang sehat dan bagi penderita asam lambung ini untuk menghidari makanan yang pedas, asam dan berlemak tinggi karena itu semua dapat memicu asam lambung menjadi naik. Sebaiknya untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, misalnya konsumsi buah pisang yang dimana buah pisang yang matang tersebut dapat membantu meredakan rasa nyeri pada asam lambung.

Menurunkan berat badan, berat badan yang berlebih dapat pula memicu terjadinya asam lambung menjadi naik karena lemak yang ada diperut.

Menghindari stres, cara selanjutnya yang penting kalian ketahui ialah salah satu mencegahnya asam lambung menjadi naik dengan cara menghindari stress. Karena segala pekerjaan, masalah ataupun hal lainnya yang membuat seseorang menjadi stress akan mudah mengalami asam lambung naik. Jadi jika kalian pernah mengalami asam lambung yang naik maka cobalah untuk tidak stress selain dari menjaga pola hidup sehat tentunya.

Makan disaat perut mulai merasa lapar, hal ini juga tentunya penting bagi kalian karena dengan rajin makan kalian bisa menghidari penyakit asam lambung tersebut. Akan tetapi, rajin makan tersebut ini bukan berarti dengan porsi yang banyak yah, tapi rajin makan yang dimaksud ini adalah dengan porsi yang sedikit dan tentunya jangan terlalu cepat untuk menelan makanan yang kalian makan tapi kunyalah secara perlahan kemudian baru menelan makanan tersebut.

Jangan langsung baring setelah makan, hal penting lainnya ialah yangs sering dianggap sepele akan tetapi sangat berdampak buruk bagi kesehatan kalian, yaitu langsung baring setelah makan. Kenapa baring setelah makan dilarang karena makanan yang turun di perut kalian belum terproses jika kalian langsung baring, maka sebaiknya untuk menghidari hal tersebut agar makanan dapat di cerna didalam tubuh dengan baik. Duduklah minimal satu jam kemudian setelah itu kalian bisa berbaring.

Itulah beberapa hal yang kalian bisa lakukan dirumah untuk menghindari penyakit asam lambung naik, dan masih banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk mengobati asam lambung tersebut, dan jangan pernah lupa untuk selalu melakukan pola hidup sehat karena kesehatan kalian lebih penting dari segalanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *