Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Menjelang Lebaran Idul Fitri Covid-19 Meningkat?Lakukan Ini Saat Mudik Agar Kalian dan Keluarga Tetap Selamat

Lakukan ini agar kalian selamat saat mudik
Docpict_pixabay: Ilustrasi Covid-19

Mewarta.com, Makassar- Perkembangan penanganan pandemi COVID-19 per 20 April 2022 secara nasional, angka kesembuhan harian bertambah 4.635 orang terdiri 4.596 transmisi lokal dan 39 Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Sehingga angka kumulatifnya terus meningkat melebihi 5,8 juta orang sembuh atau tepatnya 5.840.945 orang (96,6%).

Dalam hal ini ada tiga cara yang telah diterapkan bangsa Indonesia untuk memutus mata rantai Covid-19 yang ada di Indonesia:

Pertama, menjaga jarak. Menjaga jarak ini telah diterapkan bangsa Indonesia sebagai upaya untuk memutuskan mata rantai Covid-19. Hal ini juga bisa kita lakukan dengan cara menghindari keramaian, upayakan untuk berdekatan atau berjarak antara satu dengan yang lainnya yakni dengan jarak antara 1-2 meter. Dalam konteks Islam, Nabi Muhammad sendiri pernah mengatakan, “Jika kalian mendengar tentang wabah-wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di suatu tempat kalian berada, maka janganlah kalian meninggalkan tempat itu,” sebagaimana tertulis dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Jadi Nabi Muhammad sendiri menunjukkan, bahwa pandemi tidak hanya bisa dihadapi dengan sekedar berdoa saja, melainkan juga dengan menaati aturan-aturan fisik. Doa dan aturan fisik adalah suatu kesatuan untuk meredam wabah penyakit.

Kedua, mencuci tangan. Mencuci tangan ini telah diterapkan bangsa Indonesia sebagai upaya untuk memutuskan mata rantai Covid-19. Dengan mencuci tangan ini kita senantiasa dalam keadaan bersih dan terhindar dari kotoran yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Dalam mencuci tangan jangan pernah lupa menggunakan sabun dan air yang mengalir agar kotoran yang tidak tampak bisa hilang dan bersih.

Berikut 6 cara cuci tangan yang benar menurut standar WHO:
1. Tuang sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.
3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.
4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.

Ketiga, memakai masker. Memakai masker ini telah diterapkan bangsa Indonesia sebagai upaya untuk memutuskan mata rantai Covid-19. Dengan hal ini juga kita dapat terhindar dari asap kendaraan ataupun debu-debu pada saat kita keluar rumah. Gunakanlah masker yang kuat dan tebal, yang intinya kita merasa nyaman saat menggunakannya. Bukan untuk gaya, melainkan membantu petugas kesehatan untuk mengurangi penularan Covid-19. Jangan lupa, setelah melepas masker juga harus menjaga kebersihan tangan. Bisa menggunakan hand sanitizer atau akan lebih baik dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

Serta, dengan adanya kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 sehingga mereka senantiasa berhati-hati dan taat dalam menaati peraturan yang telah diterapkan oleh pemerintah. Dan terbukti, kesembuhan Covid-19 yang ada di Indonesia senantiasa meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *