Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Kesehatan Tubuh

Doc_pic"pixabay

Mewarta.com, Makassar- Mandi menggunakan air hangat dapat memberikan relaksasi pada tubuhmu setelah melakukan berbagai aktivitas seharian yang baik dalam rumah atau diluar rumah. Mandi air hangat sering dilakukan oleh orang-orang yang tidak tahan untuk mandi menggunakan air dingin, dan manfaat yang bisa dirasakan ialah sensasi yang membuat seseorang menjadi nyaman serta dapat menenangkan pikiran. Mandi air hangat pun tidak perlu ke tempat yang jauh-jauh karena kalian bisa melakukannya dirumah masing-masing. Berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan ketika mandi dengan menggunakan air hangat.

1.Dapat Meningkatkan Pernapasan

Tubuh memang memerlukan perawatan yang baik setelah melakukan berbagai aktivitas yang membuat seseorang menjadi lelah, dengan adanya perawatan maka tubuh kembali sehat dan siap untuk melakukan aktivitas lagi.Salah satu cara merawat tubuh ialah mandi menggunakan air hangat, mandi air hangat dipercaya mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan mampu menurunkan tekanan darah pada seseorang karena temperatur pada air hangat mampu untuk meningkatkan kapasitas pada paru-paru sehingga pernapasan menjadi meningkat dan bisa terhindar dari segala penyakit yang berbahaya.

2.Dapat Meredakan Rasa Sakit Pada Tubuhmu

Manfaat berikutnya dari mandi menggunakan air hangat ialah dapat meredakan rasa sakit pada tubuh seseorang. Ketika seseorang merasa sakit pada bagian tubuh, lalu rasa sakit tersebut terkena dengan air dingin pasti rasanya akan berbeda ketika terkena air hangat. Rasa sakit dibagian tubuh secara perlahan akan mereda jika mandi dengan air hangat dilakukan secara rutin. Selain meredakan rasa nyeri maka tubuhpun menjadi terasa ringan dan rasa sakit akan segera sembuh.

3.Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi menggunakan air hangat juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Jika seseorang terkena penyakit insomnia maka boleh mencoba mandi air hangat 2 jam sebelum tidur lalu akan membuat tidur lebih cepat. Mandi air hangat pun akan membuat seseorang lebih cepat untuk merasakan ngantuk namun hal itu sungguh baik agar kalian bisa segera tidur lebih cepat dan membuat badan lebih segar ketika bangun di pagi hari.

4.Dapat Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala adalah hal yang sering terjadi pada seseorang, baik anak-anak maupun orang dewasa, sakit kepala terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah dibagian kepala. Namun untuk meredakan rasa sakit di kepala ialah mandi dengan menggunakan air hangat, sehingga pembuluh darah di bagian kepala akan segera mengendor dan akan lepas dari tekanan sehingga sakit kepala akan segera mereda secepat mungkin.

Itulah manfaa-manfaat mandi menggunakan air hangat bagi kesehatan kalian, namun perlu diingat bahwa ada waktu terbaik untuk mandi dengan air hangat. Mandi menggunakan air hangat juga jangan terlalu lama karena itu bisa membuat kulit menjadi rusak dan kering kemudian hindari pula mandi air hangat yang terlalu sering setiap hari.

Penulis: Ika RD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *