Mengabarkan Fakta
MasukIndeks

Manfaat Donor Darah Bagi Anda Yang Ingin Panjang Umur dan Badan Selalu Sehat Terhindar Dari Penyakit

DocPic_Pixabay

Mewarta.Com, Gowa–Donor darah merupakan suatu kegiatan sosial yang sangat membantu masyarakat yang dilaksakan oleh anggota PMI (Palang Merah Indonesia), yang bukan hanya dari PMI itu sendiri melainkan dengan berbagai macam kerja sama sehingga terlaksana kegaiatan donor darah tersebut. Setetes darah yang diberikan oleh pendonor adalah dapat menyelamatkan nyawa seseorang, apalagi dengan kondisi sekarang ini yang banyak masyarakat terkena covid-19 dan semakin meningkatnya permintaan darah dari PMI itu sendiri. Untuk itu sebelum melakukan donor darah, banyak hal-hal yang kalian harus pahami apalagi jika kalian baru pertama kali melakukannya. Dan ada beberapa syarat-syarat yang kalian harus ingat jika ingin mendonorkan darah, yaitu sehat jasmani dan rohani, usia 17 sampai 65 tahun, berat badan minimal 45 kg, bagi wanita tidak sedang haid, tidak sedang mengandung, tekanan darah sistole 100-700 dan diastole 70-100 dan kadar haemoglobin 12, 5 g. Oleh karena itu, kalian harus benar-benar memahami syarat-syarat tersebut dan dalam melaksanakan donor darah juga memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut tentunya untuk orang lain dan terlebih lagi manfaat bagi kesehatan kalian itu sendiri, diantaranya:

1.Pemeriksaan kesehatan gratis

Dalam kegiatan donor darah yang di laksanakan PMI ataupun permintaan kerja sama dari berbagai organisasi dan lembaga, sebelum kalian melakukan donor darah maka hal pertama yang kalian lakukan ialah mengisi formulir, dan setelah mengisi formulir tersebut maka hal selanjutnya ialah dengan pemeriksaan kesehatan, yang tentunya disini tidak berbayar atau gratis. Dalam pemeriksaan kesehatan ini kalian di cek suhu tubuh, cek golongan darah, pemeriksaan HB, dan tentunya pemeriksaan penyakit kalian yang paling penting. Karena sesorang yang sedang mengkonsumsi obat dokter pun tidak dianjurkan untuk melakukan donor darah, dan paling penting sebelum kalian donor darah usahakan untuk sarapan terlebih dahulu dan tidur yang cukup.

2.Menjaga kesehatan jantung

Fungsi jantung pada umumnya adalah memompa darah, dan hal yang paling penting ialah kesehatan jantung itu sendiri. Dan salah satu cara agar jantung tetap sehat ialah dengan melaksanakan donor darah secara rutin. Donor darah secara rutin yang dimaksud ialah bagi seorang pria maka jangka waktu donor darah ialah 3 bulan sekali sedangkan bagi seorang wanita yaitu 4 bulan sekali. Dengan melaksanakan donor darah, darah yang keluar akan tergantikan dengan darah yang baru dan ini membantu untuk menjaga kesehatan jantung kalian. Dan manfaat donor darah ini kalian bisa terhindar dari penyakit jantung dan penyakit-penyakit lainnya.

3.Dapat menurunkan berat badan

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badannya dengan cara diet yang ketat, contohnya olahraga yang rutin, membantasi jenis makanan yang akan di konsumsi serta hal-hal lainnya yang bisa ia lakaukan untuk menurunkan berat badannya, akan tetapi seseorang yang rutin melakukan donor darah untuk membantu orang lain, ada hal penting lainnya untuk dirinya sendiri. Manfaat lainnya yang kalian bisa dapatkan ialah dapat menurunkan berat badan, jika seseorang kelebihan berat badan maka kalian bisa menurunkan berat badan kalian dengan cara donor darah tersebut, karena seperti yang dipaparkan sebelumnya bahwa syarat seorang pendonor adalah berat badan maksimal 45 kg dan tentunya kalian harus sehat jasmani dan rohani yah, dan syarat-syarat yang lainnya juga terpenuhi.

4.Mengurangi stress

Seseorang yang sedang banyak pekerjaan, tugas kuliah atau tugas akhir (skripsi),  ataupun pengaruh lainnya dapat meningkatkan stress jika terus menurus melakukannya, sehingga banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengindari stress salah satunya dengan bersantai sejenak, kumpul bersama teman-teman atau bahkan liburan akhir pekan bersama teman-teman. Akan tetapi, selain hal yang sebutkan untuk menguarangi stress ini ialah dengan melakukan donao darah. Tapi donor darah ini juga tidak perlu kalian lakukan setiap pekannya ataupun setiap bulan, karena sudah ditentukan bahwa wanita bisa melakukan donor darah dengan 4 bulan sekali, sedangkan pria bisa dengan 3 bulan sekali.

5.Dapat meningkatkan produksi sel darah

Donor darah tentunya mengeluarkan darah dari dalam tubuh manusia yang sekitar 1 kantong darah atau setara dengan 150-220 mL sel darah merah. Akan tetapi jika kalian melakukan donor darah, kalian tidak perlu takut kekurangan darah karena jika kalian mendonorkan darah maka itu akan cepat tergantikan dengan darah yang baru dari makanan dan minuman yang kalian konsumsi sehari-sehari. Dan hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan kalian dan tentunya lebih meningkatnya produksi sel darah merah yang lebih banyak lagi.

6.Panjang umur

Kegiatan sosial yang satu ini bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri tapi lebih mementingkan orang lain yang membutuhkan. Dan orang yang mendonorkan darahnya memiliki perasaan senang dan itu akan membuat mereka hidup lebih lama dibandingkan dengan yang tidak.

Itulah beberapa manfaat donor darah yang harus kalian pahami, krena pada hakikatnya dengan memberikan setetes darah kalian itu tidak akan membuat kalian kekurangan darah atau membuat kalian sakit, akan tetapi justru dengan kalian mendonorkan darah untuk membantu orang lain kalian juga mendapatkan manfaatnya sendiri bagi tubuh kalian dan tentunya membuat kalian menjadi lebih bahagia lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *